.BIRGing.

Standard

According to Wiki, BIRG is an acronym for Basking In Reflected Glory. It is a self-serving cognition whereby an individual associates themself with successful others such that another’s success becomes their own.[1]

BIRGing adalah suatu term yang gw pelajari di mata kuliah Psikologi Sosial. Bahasa Indonesia gampangnya adalah…..  menghubunghubungkan diri sendiri sama orang atau kelompok yang sudah dikenal orang secara luas.

Misalnya kaya penggemar MU nih. Kalo MU menang, berasa dirinya menang juga. Atau misalnya gak sengaja duduk sebelah Ridho Slank di airport, setiap ada orang ngomongin Slank, terus merasa perlu untuk bilang, “Gue kan pernah duduk sebelah Ridho di airport.” Supaya orang terkesan.

Kurang lebih begitu.. Kalo salah atau kurang tepat, mohon dikoreksi yak.. Hihihi..

Anyway, that’s Psychology 101 for you. You learn something new everyday, right?

Kenapa gw ujugujug ngomongin BIRGing? Karena hal itu secara sadar gak sadar sering terjadi dalam pembicaraan seharihari. Salah satunya seperti yang di bawah ini:

(Demi kemaslahatan sekelompok orgil, nama disamarkan — walaupun kemungkinan besar, dan diharapkan, bisa ketebak 😆 )

Sm: Satu hal yang gw gak suka dari Ms adalah, kalo kita ngomongin artis tertentu, dia suka punya pengalaman personal mengenai artis yang kita omongin itu. Contohnya kemarin gw ngomongin Marsha Timothy yang putus sama Fachri Albar. Tanggapannya Ms adalah: “Ai ganteng banget, nyet… Dulu waktu SD pernah pinjem bola basket gw buat di-lay up…”

Mu: Bahahahahahahaha!

Sm: Waktu gw pernah bilang Moreno cakep, dia bilang, “RENO baik banget, Nyet.. Waktu umroh, gw pernah dibeliin ayam goreng!” GILAK.. Semua orang terkenal yang gw omongin, dia punya PANGGILAN RUMAHnya..!!!

St: Emang Ms gitu.. Gw pernah ngomongin Bams Samsons, dan dia bilang kalo itu temen SMPnya..

Ms: HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.. Ya emang bener!!!

Sm: Ms kan temenannya sama artisartis!!

Mu (kompetitif): Eh gw juga mainnya sama artisartis!! Lo pada tanya dong gimana gw bisa kenal sama Gusti Randa…!

St: WHAAAATTTT!??!?! DON’T WANT! HAHAHHAHAHAHAHAHAHA!!

Ms: HAHAHAHHAHAHAHAHAHAH!

Mu (tetep usaha): Lo semua pernah gak digodain sama Dede Yusuf waktu SMA??? Gw dong pernahhh.. Gw juga satu SMA sama Rano Karnooooo!!!

Ms: HAHAHAHAHAHAAHAHAHAHA..

St: WHEN WAS THATTTT!?!??!

Sm: Mu, lo main sama artis tapi yang disebut jangan namanama yang gak ngedongkrak elo gitu doooong..😆

St: HAHAHAHAHAHHAHAHAHA!!!!!

Itu asli ngakaknya udah bagaikan lagi ngumpul di kamar salah satu dan celacelaan live abisss… Ampe lemes guah..

Buat Mas GR, Mas DY, dan Mas RK, maaf ya, tulisan ini sama sekali gak bermaksud mendiskreditkan. Kalian tetep keren kok, terutama buat temen saya yang bernama Mu. Buktinya dia inget dan bangga sama kalian sampe sekarang😀

Hanya saja, kepada Mu, tolong lain kali diingat kalo kita lagi name dropping nama artis, selayaknya lo sebut nama artis yang setidaknya SATU GENERASI, dan BUKAN HANYA SATU ALMAMATER. Oh, satu poin lagi, ingat, garis bawah cetak tebal untuk ARTIS. Okeh?! Bukan artis yang udah pindah ke jalur politik!!!!!

Sekian dan terima donlotan film Siti Nurbaya, Jendela Rumah Kita dan Gita Cinta dari SMA. Khususnya kalo ada yang punya versi dari SMAnya M*u**.

Terima kasih.

😆😆😆

4 responses »

Leave a Reply

