.perihal tiket konser.

Standard

Beberapa waktu belakangan ini, seperti kita semua udah tau, ada begitu banyak musisi yang didatangkan untuk konser di Indonesia, khususnya Jakarta. Dari yang baru aja terkenal sampe yang udah tahunan dan dinantinanti oleh segenap (orang yang dulunya adalah) kawula muda Jakarta.😛

Analisa ngaco gw adalah promotor sekarang ngincer dua pasar. Yang pertama adalah remajaremaja manits dengan orang tua sudah mapan, yang mau (gak mau) membelikan tiket bagi mereka. Yang kedua adalah para mantan remajaremaja manits, seperti kamikami ini, yang sekarang udah bisa cari duit sendiri dan menggunakannya seenak jidat walopun abis itu pusing liat tabungan tiris.

Adapun analisa ngaco tersebut ya murni berdasarkan siapa aja yang dateng. Biasanya kalo enggak yang lagi heitz bener di kalangan remaja, ya yang jelasjelas udah punya basis fans sendiri di sini.

Menghadapi hal ini, tentu saja gw sebagai anak 90an sejati senengseneng aja. Terutama karena jadi ada harapan bahwa bandband yang gw suka dari dulu bisa dateng ke sini (lagi). Terus berhubung yang dateng kemungkinan besar seumuran, diharapkan penontonnya lebih mature dan dateng benerbener karena mau nikmatin musiknya.

Hanya saja ada halhal yang gw sayangkan mengenai konserkonser ini. Antara lain sebagai berikut:

  • Jaman dulu, pembelian tiket konser bisa dilakukan di berbagai tiket box. Jadinya kalo kehabisan di satu tempat, bisa ke tempat lain yang masih ada dan hidup pun tetap bahagia. Jaman sekarang, ada konserkonser yang penjualan tiketnya hanya terpusat di satu tempat saja. Sehingga kalo udah abis, apalagi jenis yang sold-out dalam sekian jam aja… itu beneran bikin pediiiiih. Terutama kalo benerbener yang kita mau nonton gitu. Pada akhirnya yang diuntungkan mungkin hanya orangorang yang sebenernya gak pengenpengen banget nonton tapi berhasil beli tiket. Karena menjelang hari H, dia bisa menjual dengan harga setinggi langit. *sambit sendal*.
  • Biasanya rentang waktu antara berita si X akan konser di sini dengan aktualnya itu relatif deket. Mungkin emang sasarannya beda, tapi kalo kebetulan kita suka si X sementara minggu lalu baru aja beli tiketnya si Y, ya…. AGAK LEMES JUGA LOH. Huhuhu. Menurut gw sih ada baiknya diumumin setidaknya beberapa bulan sebelomnya, jadi kita bisa nabung dulu gitu… *keluhan penggemar cekak*. Tapi bener deh, gw respek banget sama konser Kahitna 25 Tahun nanti, karena ngasih taunya jauhjauh hari, jadi para penggemarnya pun bisa lebih siap menontonnya kelak.
  • Yang juga cukup menyesakkan dada adalah jika terjadi konserkonser secara massal yang melibatkan banyak musisi di dalamnya, tapi sampe waktu udah mepeeeeeeeeet banget, website resminya enggak juga menampilkan siapa aja yang akan tampil dan kapan jadwalnya. Sementara desasdesusnya udah santer banget dan calon penonton dibuat kebatkebit dengan harga pre-sale yang naik terus. Jadi akhirnya banyak yang maju mundur mau beli tiketnya. Di satu sisi, pengen dapet tiket murah. Tapi di sisi lain, bingung juga mau beli tiket buat hari apa karena gak tau line-up-nya siapa aja hari itu. Sedangkan kalo mau nunggu jadwal resmi, ntar keburu harga resmi dooong?! Akhirnya khalayak pun terbagi dua. Antara yang dapet tiket presale tapi gak ngerti siapa yang akan ditonton dan yang udah tau jadwal tapi dapet tiket lebih mahal. Hmmmm.. mengapa agak terasa gak adil ya buat konsumen?

Sebenernya sih, gw tau bahwa tujuan para promotor itu antara lain juga membuat orang senang. Dan seandainya bisa nonton artisartis yang emang gw pengen banget, gw juga salah satu orang yang menjadi ikut senang itu.

Gw menulis ini karena gw pernah menjadi orang yang hepi karena pernah bisa merasakan aura dan euphoria dari sebuah konser yang menyenangkan, pernah juga menjadi orang gigit jari karena gak punya duit untuk beli tiket karena jarak berita dan konsernya kedeketan, pernah juga jadi orang yang walopun duitnya udah ada tapi kehabisan tiket, pun pernah merasakan bingung karena udah mau beli tiket tapi belom tau siapa aja yang bakalan perform hari itu.

Jadi, benerbener sekedar unekunek yang gak tau deh siapa yang akan dengerin atau ngaruh apa enggak..😛 Cuma share doang, meskipun kalo misalnya ada yang berwenang dan baca dan pertimbangkan, YA SENANG SEKALI.😛

Hehehe.. Demikian.

Akhir kata: semoga ketika suatu hari The Cardigans, The Cure, Aerosmith, Oasis dan Green Day main di sini, saya bisa nonton. Amin.

5 responses »

  1. halo mbak poppies..🙂
    *acung tangan*
    saya pun penggemar cekak yg selama baca post ini mengangguk tak henti-henti..

    ps : kahitna, ai lap yu.. siyu september.. *hamdalah tiketnya kebeli*😀

  2. aku paling mau pet shop boys, travis, john mayer, adele, bobby caldwell, dan interpol. udah missed dua konser diantara artis2 diatas 3 taun lalu akibat ga punya duit huhuh, menyesal tak terkira
    eh tapi kalo cardigans sm the cure ke jakarta ato deket2 jakarta mau juga deng. kapan lagiiiii

  3. Halo poppies, (baru nyasar dari blognya Meta)
    Gue juga ga suka bgt sama ide bikin ticket box di satu tempat dan semua ticketnya dijual saat itu juga! Sungguh bikin emosi, gimana caranya ibu-ibu bisa ikut ngantri di rumah orang dari jam 6 pagi?! Apa kurang kerjaan?! ;p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s