.ngobrol di udara: tentang menulis.

Standard

Hari Senin, 6 April 2015 kemarin, gue diajak ngobrolngobrol di 94.7 U FM untuk acara ProMoms sama mbak Deasy Noviyanti.

Berhubung ini pertama kalinya gue diundang radio buat ngomong sendirian, dan berhubung aku anaknya agak norse, maka sepagian grogi amat. Hahaha. Parno jalanan macet, parno kalo nanti telat sampe studio, parno kalo bakalan gugup, ina inu.

Ternyata, gue sampe sana setengah jam sebelum acaranya mulai. Jadi masih bisa atur napas dulu dan sarapan dulu. #eaa #selalu #ujungujungnyamakanan

Jam delapan pagi gue mulai on air. Ngobrolin buku With Love dan blog ini. Dan juga tentang beberapa hal personal lainnya, kaya gimana juggling antara menulis, kerja dan menjadi istri serta ibu. Ada yang dengerin gak? Hihihi.

image

Di situ juga gue cerita kalo walopun sebenernya menulis emang citacita gue sejak lama (tepatnya sejak kelas 3 SD), tapi kalo dipikirpikir, sebenernya blog adalah awal dari semuanya sih.

Seperti pernah gue bilang dulu, konsep open diary itu pertama kali gue temukan di tahun 2001. Sejak itu, gue mulai menulis jurnal harian di Internet. Waktu itu masih pake bahasa Inggris dan berdoa bener supaya kalopun ada orang yang gue kenal nyasar ke situ, jangan sampe dia tau itu gue yang nulis. Terutama karena di situ gue benerbener cerita semua masalah ke-alay-an gue yahhh.. Tolong!

Lalu, pindah ke Friendster blog beberapa lama sebelum akhirnya diyakinkan Miund untuk pindah ke tempat yang lebih mudah diakses, dan akhirnya di WordPress dari tahun 2007 sampe sekarang.

Awal nulis blog, nggak pernah banget kepikiran bakal jadi sesuatu yang lebih besar daripada sekedar chitchat belaka. Makanya sampe sekarang kalo ada temen yang iseng baca ulang dari awal, sering banget komen, “Sumpah ya bok, ga tahan gue. Lo dulu nulis ‘kalo’ aja ‘klow’!” YAHAHAAHAHA YA MAAP.😆

Pas ngobrol itu, mbak Deasy bilang kalo ada pergeseran menulis jurnal. Dulu, kita nulis di buku, pake rahasiarahasiaan bener, dikunci segala. Sekarang, kecenderungannya segala pengen dibuka di blog dan pengen orangorang baca.

Menurut gue sih ya, SATU, diary jaman dulu itu memang sudah layak dan sepantasnya isinya dirahasiain dan dikunci pake gembok. Coba kalo sekarang kebaca orang, bisa bikin yang baca mati ketawa dan yang nulis mati penuh rasa malu karena masalah jaman piyik norak bangettttt. Hahahaha. Kalo sekarang kan udah lebih dewasa (boong!), jadi diharapkan kalo yang terlalu norak ya jangan dipost di bloglah.. di Path aja. 😛

DUA, bagusnya dari berbagi secara terbuka di blog, kita jadi bisa menemukan orangorang yang sealiran. Gue termasuk beruntung karena menemukan sahabatsahabat baik garagara blogging.

Terus mbak Deasy juga kan bilang gimana tipsnya buat bloggers lain yang juga pengen jadi penulis. Sejujurnya, aku pun gak bisa ngasih tips yang mujarab. Hehehe. Seperti tadi gue bilang, emang gak pernah terpikir bakal jadi sesuatu yang lebih besar daripada sekedar penyimpan kenangan doang.

Tapi, ternyata, puji Tuhan, ditawarin sponsored posts, lalu tautau ditawarin ikutan proyek buku Everlasting Love, lalu With Love, dan mudahmudahan ada lagi nanti selanjutnya ya.. Amin.

Jadi, satusatunya yang bisa gue bilang cuma, menulis ya menulis saja. Gue percaya kalo semua orang itu pencerita yang bagus soal hidupnya masingmasing. Lalu, awalnya, menulis buat diri sendiri aja. Don’t write to impress anyone. Dan, menulis dengan jujur aja. Karena tulisan yang jujur serta gak pretensius itu enak dibaca.  Dan selalu keliatan mana yang niatnya cerita, mana yang niatnya lebih dari itu. Menurut gue siiih, selalu lebih menarik yang niatnya sekedar bercerita dan berbagi. Menurut gue, lhoo..

Berhubung aku pun masih level bawah, mari kita samasama belajar. Semoga berbuah manis dan lekas naik kelas. Amiiiin..

Until then, just keep writing, dream big and don’t give up.

image

Shall we?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s