.bhay, toilet gak bersih!.

Standard

Salah satu hal yang, menurut gue, lumayan bisa diunggulkan sebagai kualitas baik dalam diri gue adalah….. I have very tiny envy bones in my body. Alias gue tuh orangnya jarang ngiri. Gue hampir nggak pernah ngiri kalo temen jalan sama temen lain, terus gue gak diajak. Gue nggak pernah ngiri blaaaas, walopun tiap hari kerjaan gue itu berhubungan banget sama jumlah gaji dan bonus semua orang di kantor. Dan, sebagaimanapun gue pengeeeeeeeeeeeen banget liburan, tapi gue hampir nggak pernah ngiri kalo ngeliat foto tementemen yang lagi liburan berceceran di media sosial. Malahan alihalih ngiri, gue tuh seneng banget ngeliat orangorang ngepost fotofoto liburannya. Soalnya, dengan gitu gue bisa ikutan ngebayangin gimana tempattempat yang belum pernah dan ingin gue kunjungi.

Untungnya, gue berteman dengan orangorang yang kalo liburan itu ngepost foto dengan niatan berbagi cerita. Jadi, dari situ gue bisa ikut menikmati pemandangan yang ada di tempat yang mereka kunjungi sambil ngebaca cerita di balik perjalanan atau tempat itu. Dari sekedar pasar tradisional, rumahrumah warnawarni, pegunungan, pantai, sampai binatangbinatang, kalo ada. Seruseru dan bikin hati hangat deh ngebacanya.

Walopun gue termasuk orang yang super manja masalah liburan, ternyata banyak tementemen gue yang cukup adventurous masalah liburan. Contohnya, Nay, yang blognya samasama kita rindukan itu. Udah dari kapan, Nay bilang kalo dia lagi hobi ngebolang. Menilik dari tampilan Nay, gue gak pernah nyangka bahwa ngebolang yang dia maksud adalah BENERBENER NGEBOLANG. Liburan Nay belakangan ini antimainstream abis. Menyisir pantaipantai Indonesia yang jarang dikunjungi orang. Pantaipantai yang bagusnya abisabisan, daerahdaerah yang kayanya jarang terjamah turis – thus, jarang hotel mumpuni. Tapi, dia hepihepi aja tuh. Nggak pernah sekalipun ngeluh. Padahal gue ngeliat penginapannya aja, nggak jarang ngebatin (sebelom akhirnya gak tahan nanya langsung): “Naaaaaaaaaaaay, itu kamar mandinya bersih enggak?”😛

Kebersihan kamar mandi adalah salah satu hal penting yang selalu ada di kepala gue. Jaman kuliah, tementemen gue udah hafal deh (dan males nganterin gue ke toilet karena) kalo kebelet, gue bakalan belabelain ke gedung baru yang letaknya paling ujung dari area kampus, soalnya itu paling bersih. Hahaha. Itu cuma satu aja gambaran keriwilan gue soal toilet. Jangan tanya gimana ributnya gue kalo bawa anak ke toilet umum, biar kata di mol sekalipun. Itu anak gue udah literally angkat tangan secara emaknya berisik, “Jangan pegang apaapa! Angkat tangannya! Jangan sentuuuuh!”😆

Kerewelan gue masalah kamar mandi ini juga jadi pertimbangan utama buat, say, mau pindah kantor, misalnya. Kadang kan suka tuh namu di kantor orang, terus terkagumkagum sama kantornya. Begitu ceki kamar mandi, terus… mmmkay, nah bisa jadi pupus deh mimpimimpinya. Makanya gue betah di kantor sekarang, antara lain karena toiletnya bisa dibilang bersih. Memanglah, aku cetek seadaadanya.😛

Tapi, sebenernya sih, gue masih bisa bersyukur dengan kondisi toilettoilet yang kusambangi. Sebagian besar masih bisa dibilang layak dan bersih, airnya pun masih terhitung bersih. Gimana kalo kaya Nay tuh, udah di pelosok Indonesia, dapet air bersih aja udah syukur. Gimana tempattempat lain yang sulit dapat air bersih?

Kita semua udah tau bahwa air bersih itu adalah kebutuhan yang amat penting buat kesehatan. Nggak hanya dipakai buat mandi aja, kita juga perlu air bersih buat makan dan, tentunya, minum. Tanpa itu, kita bakalan rentan penyakitlah ya. Gak bisa cuci tangan, tangan kotor dipake makan, makanan terkontaminasi bakteri bikin sakit, sakit bikin nggak bisa sekolah, dan seterusnya.. Intinya efeknya panjang. Udah banyak fakta yang bilang kalo, akibat dari kondisi sanitasi gak memadai, ribuan anak menderita penyakit yang sebenernya bisa dicegah.

Tapi, tau nggak sih, ternyata ada seorang anak 17 tahun yang concern banget sama masalah ini. Namanya, Dira Noveriani. Dia kepilih sebagai pemimpin masa depan buat ngewakilin anak Indonesia yang punya gagasan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di masa mendatang melalui Project Sunlight yang diluncurkan oleh Unilever. Project Sunlight sendiri adalah semacam program Corporate Social Responsibility tahunan Unilever. Nah, dengan tema “Dukung Masa Depan Sehat”. di tahun 2014 ini, Project Sunlight fokus pada gagasan anak untuk menginspirasi masyarakat supaya mau bikin sesuatu yang nyata demi masa depan lebih baik.

Kaya Dira ini ya.. Dia itu ngalamin sendiri dampak dari sanitasi yang kurang memadai. Tapi, nggak kaya gue yang cuma “iiih.. iiiih” doang, dia nggak ragu bergabung dengan Project Sunlight dan menyuarakan gagasan untuk memperbaiki kondisi itu. Tujuannya supaya lebih banyak anak Indonesia bisa nikmati  sanitasi yang lebih baik. Ngelihat kepedulian Dira, akhirnya Unilever setuju membantu mewujudkan impian Dira buat perbaiki sanitasi sekolah-sekolah di 5 kota besar di Indonesia! See? Children are agents of change! Walopun masih muda, Dira bisa membuat perubahan lho..

Sebagai orangtua yang selalu siap dukung mimpi anakanak kita, kita juga bisa ikutan partisipasi di Project Sunlight. Caranya gampang banget, klik ke: https://www.projectsunlight.co.id/ . Di situ kita bisa  ngeliat film inspirasional “Bright Future Speeches“, jadi relawan dengan menuliskan ide untuk menciptakan #brightfuture, share film inspirasional serta follow kisahkisah inspiratif lainnya terkait dengan Project Sunlight ini!

Yuk, ibuibu.. Karena anak yang bersih dan sehat punya kesempatan besar untuk mencapai mimpimimpinya.. PLUSSSS, kondisi sanitasi bersih yang terjamin sampai ke seluruh Indonesia pasti bakalan bikin ibu lebih pede ngajakin anakanak liburan sampai ke pelosok negeriiii😀

====================

Info lebih lanjut, klik ke:

Web Project Sunlight

FB Fan Page Unilever

 

2 responses »

  1. dalam sebuah rumah, bangunan ataupun kantor bolehlah terlihat bersih dan rapi. Tapi harus dicek dulu kondisi toiletnya. Sepadan gak dengan tampilan luar. Kalau masih ada yang kotor di toiletnya, langsung pupus sudah keindahan tampilan luarnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s