.#Day27: 5 Bukubuku Kesukaanku.

Standard

Ini topik dari Astrid, yang waktu itu membeli Noddy segambreng dari AlmariDeki *tetep ngiklan*. Dia minta gw nulisin 5 buku yang merubah hidup gw.

Agak sulit ya, aku gak tau sih buku apa yang bisa “mengubah“, tapi kalo yang gw sukaaaaaaaaaaaaaa banget dan tanpa sadar menjadikannya kiblat untuk referensi bukubuku, ada sih. Banyak. Tapi, karena cuma disuruh lima aja, jadi ya…

…. here’s the list, in no particular order.

The Game – Neil Strauss

untitled

Gw baca buku ini kayanya taun 2006-an. Penulis buku ini dulunya (atau masih sampe sekarang?) adalah jurnalis musik di Rolling Stone. Buku ini kaya memoar tentang dirinya sendiri dan komunitas seduction community yang (antara lain) dia bentuk. Di komunitas itu, terdiri dari banyak pickup artist. Apa sih pickup artist itu?

Pendeknya, itu tuh kaya cowokcowok yang ngajak kenalan cewekcewek di suatu tempat. Ternyata ada komunitasnya dimana mereka berkumpul, mempelajari gimana caranya jadi cowok yang asik dan gak mengintimidasi cewek gitu, sehingga gampang dapet gebetan. Kayanya gak masuk akal ya? Tapi ternyata beneran ada dan banyak peminatnya di Amerika sana. Cowokcowok ini juga beken dengan alias-nya masingmasing. Terus, suka ada kaya challenge untuk deketin cewek tertentu di tempat umum. Ceweknya juga dari orang biasa sampe selebriti.

Kocak, miris dan menambah pengetahuan sih. Terus, bahasanya enak banget. Jadi bacanya gak kerasa tautau abis.🙂

Negeri Senja – Seno Gumira Ajidarma

negerisenja

SGA adalah selalu salah seorang penulis kesukaanku. Katakata yang dia pake selalu sederhana tapi bisa diolah sedemikian rupa sampe bikin terkagumkagum karena kita gak pernah kepikiran. Hehehe.

Buku ini gw suka banget. Nama tokoh utamanya cuma Pengembara doang. Terus, kejadiankejadian yang terjadi somehow kerasa banget auranya. Baik itu misterius maupun yang lainnya. Berasa banget kaya kita benerbener ada di lokasi yang sama dengan karakterkarakternya. Walaupun di negeri yang kita gak tau dimana, tapi entah kenapa gw masih merasa kalo itu masih ada di dalam Indonesia. KERENLAH!!!!!

Supernova Partikel – Dewi Lestari

supernova

Dari semua seri Supernova, gw sebenernya suka banget tokohtokohnya Akar dan Petir. Tapi, ketika baca Partikel ini, rasanya pengalamannya beda karena visualnya gampang banget di kepala. Kayanya ini pertama kalinya deh gw baca buku tapi kaya nonton film. Kebayang semua dan begitu nangis pun sampe sesek napas amat.

Walaupun dari segi karakter, Bodhi dan Elektra masih tak terganti, tapi buku ini lebih enak dibaca karena menurut gw pengetahuannya juga banyak. Sebagai manusia pemalas, gw suka banget sih bukubuku fiksi atau memoar yang berisikan banyak ilmu pengetahuan. Jadi gampang nyernanya😛

PostSecret

PostSecret

Ini adalah satusatunya buku PostSecret yang gw punya. Dulu, belinya kudu nabung dulu. Kemudian aku terpana banget deh dengan bukunya. Konsep buku ini adalah mempublikasikan rahasia kiriman orangorang secara anonim. Meskipun begitu, rahasia itu dikirim dalam bentuk postcard yang dibuat sendiri oleh para pengirimnya.

Buku ini berisi begitu banyak rahasia, dari yang kayanya cetek sampe yang serius banget. Somehow, this book heals. Walo aura yang tertangkap dari buku ini sebagian besar adalah kesepian. Tapi, menyadari bahwa kita gak kesepian sendirian, bahwa tiap orang punya “bagasi”-nya masingmasing, cukup melegakan.🙂 Gw masih melihatlihat tentang PostSecret di Instagram dan Twitter. Coba cek kalau ada waktu🙂

Why Men Marry Bitches

WMMB

EAAAAAAAAAAAAAAAAA.. Udah sok dalem, sok anti-mainstream dari bukubuku awal, tetep aja akhirnya buku self-help tentang pacarpacaran. Myahahahahahahah!😆 Buku ini waktu itu gw beli yang edisi Bahasa Indonesianya, karena terjemahannya seru banget. Salah satu terjemahan paling sukses deh, benerbener bikin kaya ngobrol sama sahabat perempuan sendiri.

Pada jamannya, pernah menjadi kitab suci buat gw. Biar jadi cewek gak clingy amat, acuhacuh gitu (padahal butuh). Hihihihi. Mungkin suka banget karena dibaca di saat yang tepat pada waktu itu. Tapi, serius, buku ini menyenangkan dibaca. Kaya baca chick-lit gitu. Ketawatiwi sendiri.🙂

Itulah 5 buku yang gw suka. Masih banyak lagi sih, tapi nanti dibahas lain kali yaaaaaaa..🙂

Ta-ta!

============

all pics are taken from the Internet.

13 responses »

  1. Hi Smita🙂 makasih ya udah menjawab pertanyaan/topikku yeay….eh ternyata kita sesama penggemar postsecret!!!! dan yang the game kok sepertinya seru yaaa….

  2. hai smita…the silent reader memutuskan utk kenalan🙂
    baru selesai baca buku yg terakhir hehehe…berguna bgt nih buku utk.. ehm ehm ;p
    thanks 4 share!!😀

    • hahahahahahahahaha… bergunaaaaaa bener deh… kalo abis menghadapi kejadian tak sesuai harapan, jadi gak perlu berisik curhat ke temen (doang) tapi juga bisa dapat penguatan dari bukunya..😆

      salam kenal juga ya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s