.Toilet Training Trouble.

Standard

Kemarenkemaren ini Nonat lagi toilet training.

Berhubung sejak bayi si Nonat selalu pake pospak, alias popok sekali pake yang diganti tiap dua jam sekali, maka perubahan gak pake popok sama sekali kecuali saat tidur doang itu menjadi hal yang besar untuk dia.

Kegiatan toilet training ini dimulai waktu gw libur panjang akhir tahun kemarin. Pelanpelan dikasih tau kalo dia mau pipis mesti bilang. Sebenernya, sebelum ini udah beberapa kali insidental dia bisa, uhm, do the number two di kloset. Tapi mungkin beda ya, kalo misalnya anak mules kan keliatan ekspresinya. Sedangkan kalo pengen pipis, gak keliatan tautau basah ajah. Hihihihi..

Sehari dua hari, toilet training berjalan biasa aja. Gw bilang biasa karena kadangkadang berhasil dilakukan di tempatnya, kadangkadang ya kecolongan juga. Tapi, secara keseluruhan, gak ada terlalu ada drama yang berarti.

Sampai suatu hari, yang kebetulan hari Minggu, seperti biasa gw sama Dals siapsiap mau belanja sekalian ngajak Sabia main kereta api di Lotte. Berhubung mau pergi, biarpun siang, ketimbang ribet, ya udah pake popok aja. :P

Dari rumah udah keliatan kalo si Nonat agakagak gak nyaman. Tapi, gw cek gak ada apaapa kok. Karena dia sempet bilang sakit perut, akhirnya gw ajak ke toilet. Tapi ditungguin juga gak keluar. Yawislah berangkat aja.

Di Lotte, tibatiba jejeritan kaya kesakitan. Gw sama Dals mulai cemas. Apalagi gw deh, bawaannya pengen langsung cusssss aja ke dokter.😛 Tapi kata Dals, cek dulu di kamar mandi. Jadi deh, gw bawa ke kamar mandi dan dudukin di WC.

Beberapa menit gak ada apaapa.

Gw jadi mikir, apa karena selama ini gak pake popok jadi dia juga tetep nahan pipis walo pake popok ya? Jadilah gw bilangin, kalo dia pake popok, mau pipis ya pipis aja. Anaknya sih iyaiya aja sambil duduk di kloset.

Setelah masih gak ada apaapa juga, ya udah siapsiap gw angkat. Eh tapi tetep jeritjerit dan kali ini sampe keluar air mata. Ya ampuuuuuuuuuun, emaknya panik deh, karena ga tau kenapa. Dudukin lagi di kloset.

Dan kali ini sambil jeritjerit, nangis dan berkeringat, akhirnya pipis.

Aduhhhh, hati mencelos.

Setelah itu, dia kembali seperti Nonat yang kukenal.

Berhubung gak ada luka atau apa, gw jadi berpikir, janganjangan selama ini  karena beberapa kali ngompol, dia jijik, jadi dia nahan pipis supaya gak ngompol terus jadi anyanganyangan.. Aduuuuuuuuuuuuuuuuuuuh.. Merasa bersalah banget deh.😦

Langsung nanyananya di Twitter, dan ternyata beberapa orang juga pernah mengalami hal itu. Dengan kata lain, itu merupakan respon yang mungkin terjadi dari sisi si anak. Lama deh gw berusaha menganalisa kenapa kejadiannya kaya gitu. Sampe gw juga harus meyakinkan bahwa selama ini Sabia gak ada yang marahin kalo dia ngompol. Kenyataannya gak ada.

Kemudian, waktu kapan itu, yang ujan terus kan cucian gak ada yang kering. Jadi, kembalilah Sabia mem-pospak (baca: keabisan kolor😛 ). Ternyata tidak ada drama sama sekali. Besokbesoknya ketika matahari udah bersinar dan persediaan celana sudah kembali menumpuk dan mulai non-pospak lagi, ternyata juga tidak ada drama lagi.  Masih suka kebablasan sih, tapi gak ada lagi jeritjerit.

Hohum. Yah, semoga tugas perkembangan ini bisa dijalankan dengan lancar dan berhasil dengan gemilang ya, Bee…

I wuff you! 😀

6 responses »

    • pispot maksudnya?

      gak tau kalo orang lain, tapi gw sih enggak ya.. palingan pake yang toilet seat adjuster buat anakanak gt supaya bisa mulai dibiasakan duduk di kloset. pokoknya gak pake popok lagi gitu.

      • kaya dudukan toilet, tapi lebih kecil (biasanya gambar-gambar kartun gitu), jadi bisa dipasangin ke klosetnya supaya ngeganjel anak biar gak nyemplung ke kloset😛

      • sebentar2.
        mksd nya gini tha :
        dudukan toilet yg situ mksd itu, kyk pispot tp lgsg di pasangkan ke kloset juga.
        brrti, tinja nya (maaf) lgsg nyemplung ke kloset nya kan, gk pke di buang dulu layak nya pispot .
        begitu kah ??

        terima kasih🙂

  1. bantu jawab yaa..bukan kayak pispot tapi bentuknya semacem lingkaran toilet itu lo..pakenya ditaro diatas lingkaran toilet yang buat kita dudukin itu fungsinya buat anak kecil biar ga nyemplng karna lingkaran/dudukan toilet yang masih besar dimereka..hehehehhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s