.babem.

Standard

Sudah sejak lama sekali gw berpikir, kalo punya anak, gw pengen sekali dipanggil “Ibu” (dan suami gw dipanggil “Ayah“)

Simpel aja, karena kedengerannya tulus dan Indonesia banget. Hihihi.

Syukursyukur, ketika dapet suami, dia juga bilang kalo dia pengen dipanggil “Ayah” oleh anaknya. Tapi, ternyata eh ternyata, dia agak kurang setuju kalo gw dipanggil “Ibu“. Meskipun aku ingiiiiiiiiiiiin. Hiks.

Akhirnya, setelah dipikirpikir, kita pun memutuskan untuk membuat panggilan “Ibum” untuk gw.

Kenapa “Ibum“?

Ya karena sebenernya gw keukeuhsih, mau dipanggil “Ibu“. Tapi karena udah ada yang dipanggil “Ibun” di keluarga besar Dals, akhirnya aku sok modif aja jadi “Ibum“. Selain karena “Bum” terdengar lucu kalo diucapkan, dan itu anagram dari BUMI – mother earth. Get it? Ok. Nevermind..😛

ENIWEY.

Pada perkembangannya, ternyata Sabia – dalam proses belajarnya – menyebut “Ibum” jadi “Babem“. Awalnya gw juga gak ngerti itu maksudnya buat gw. Sampe suatu hari gw tanya, “Babem itu artinya apa sih, Bi?” Dan si anak nyamperin gw dengan terhuyunghuyung (karena waktu itu jalannya belom lancar), meluk, tepuktepuk bahu sambil bilang, “Baaaaaaaabem…

Baru disitulah gw ngerti…. OOOOOOOOOOH BABEM TUH IBUM😆 *emak bloon*

Semakin ke sini, Sabia pun makin fasih ber-babembabem. Kalo cuma pas di lingkaran keluarga kecil sih ya gak apaapa, tapi giliran lagi acara keluarga besar, Babem sounds weird loh.. Jadilah, gw gigih mengajarkan:

Gw: “I!!!”

Sabia: “I!”

Gw: “BUM!”

Sabia: “BUM!”

Gw: “I-BUM!”

Sabia: “BA-BEM!” *lalu kabur*

PFFFFFFFFFFFFT!!!!!!!!!!!

Lamalama, gw mulai terbiasa mendengar panggilan sayang dari anakku sendiri itu. Sampesampe keluarga kami pun udah mulai menyebut gw babem. Sabia sendiri, kalo mau manggil gw dan si Dals secara combo, langsung dengan sembarangan bilang, “BABEM-AYA!” dan kita berdua nengok.😛

Tapi, beberapa hari yang lalu, gw mulai mendengar Sabia mengucapkan silabel “Bum“. Ini terutama kalo misalnya gw lagi sok ngambek, terus dia yang tadinya udah berbabembabem ria, mulai kehabisan akal, akhirnya bilang,”Bum.. Bum..”

Dan ketika dia bilang “Bum“, I kinda miss the “Babem” thingy.

Biarpun kedengerannya jelek, tapi gw baru menyadari bahwa panggilan itu polos dan terdengar sincere.. Dan aku jadi ingin mempertahankannyaaaah!!!!! *posesip*

(Tapi, itu berarti kalo dia punya adek, kudu mau gak mau meneruskan the “babem” legacy dong yah..? Hmmmmmmmmmm…)

Maka, dengan ini mencanangkan, lagi memikirkan untuk mempertahankan BABEM atau kembali ke IBUM.

Pilih mana?

19 responses »

  1. halo mba, salam kenal!😀
    eh saya dan ibu juga bermetamorfosis loh panggilannya. hehe.. awalnya (aslinya) saya dan kakak-kakak manggil ‘Ibu’-‘Bapak’.
    lupa awalnya gimana, pas SMA-awal kuliah saya jadi manggil ‘Ibun’-‘Bapi’.
    tengah kuliah-sekarang manggilnya ‘Ibeng’-‘Bapi’. :))))
    gapapa mba.. Babem aja lucuuu..😀

    • aku juga sama bapak-ibuku sekarang juga manggilnya seenak udel dan keinginanku sendiri sih.. hihihi.. apakah ini kualat?😛

      makasih ya, salam kenal juga😀

  2. MIMIH AJA KENAPA SIK SOK SOK IBUM! gue udah tau kok pada dasarnya lo pengennya kaya KD. ga usah pencitraan deh di blog!

    *kemudian lari tunggang langgang sebelum ditimpuk* HAHAHAHAHHAHAHAHAH =)))))))))

  3. Yaoloh, Smit…. ini elo banget, sungguh maha ribet masalahnya : ))))))
    BABEM ajah, kan deket ke apem…. *terus?*

  4. Yardan sering manggil emaknya “ebon” trus lama-lama jadi “ebo”
    Sabia juga gapapa manggil “babem”, nanti lama-lama paling jadi “babe”!
    (trus mas Putra dipanggil emak dong?)

  5. meskipun gw blon beranak tapi kayaknya biarin aja smiw si sabia manis mau manggil lo apaan. janganjangan bentar lagi dia udah punya panggilan versi lain buat elo, i betcha you’re gonna miss ‘ibum’ and ‘babem’ then :p *blonberanaktapisotoy

  6. hahahah got it now. dikeluarga gw…entah gimana dan kapan. kita punya panggilan masing2. MEKMOK (mamak) , BEKPOK (bapak), KEKOK (kakak, itu gw) , GODEK (adek : itu adek gw)…
    aneh bin ajaib,,,,

Leave a Reply

