.sehat ternyata juga bisa lezat…..

Standard

Hari Sabtu tanggal 2 Juli kemarin, gw dapat undangan dari Kang Gusye dari DDB Indonesia, untuk ikutan demo masak bersama Oatmeal. Berhubung gw lagi “berniat” menurunkan berat badan tapi pengen tetep makan makanan sehat, tentu saja undangan itu gw sambut dengan gembira.😀

Maka, pagipagi, berangkatlah rombongan sirkus (baca: gw, Dals dan Sabia) ke Q Smokehouse Suryo. Di sana kita ketemu dan kenalan sama Chef Winny, Mba Ninit (yang ternyata temennya Mba Detta), Anggi, Mba Carnellin dan Mba Shinta. Dan ternyata ketemu Mihun dan Jojiiii.. Aahaaaaii! Soraksorak bergembira😀

Begitu dateng, udah mulai merasa auraaura bahagia karena nampaknya masakan oats-nya akan berbeza dari yang gw kenal selama ini (baca: membosankan😛 ). Bener aja, belom apaapa, kita udah disuguhi nasi bakar yang mengandung oats.

.nasi bakar oats.

Lagi kagumkagumnya dengan menu oats yang beda dari yang gw kenal ini, tibatiba kita udah disuguhin lagi sama ini…..

.... ini sate aja dong, juga dengan oats.

Baru terkagumkagum dengan keenakan makananmakanan di atas (yang enggak berasa samsek oatsnya), kembali kita dikejutkan oleh suguhansuguhan lainnya…

.yorkshire pudding.

 

.broccoli and cheese, apple crumble, chicken asparagus.

 

.apple crumble, mini pizza, dan sekelumit yorkshire pudding😛

 

 

.BUBUR AYAM!!!!!.

Kyaaaaaaaaa…!

Perut kenyang hati riang banget gw. Apalagi Kang Gusye tau gw anaknya nggragas yaaa.. Jadi tiap ada sampel baru, langsung nawarin gw deeeh..

-______-”

Tapi yah… benerbener gw seneng deh diundang ke acara ini. Selain nambah temen, tentu saja nambah pengetahuan banget dan mengenyahkan pikiran gw yang dulu mikir bahwa makanan sehat itu identik dengan tidak enak. Di acara ini, pandangan seperti itu benerbener dipatahkan banget.

Soalnya, meskipun enggak mengandung penyedap rasa, tapi SEMUA makanan yang ada di acara ini enak banget. Sebagai penggila keju, gw suka bangetttt sama broccoli and cheese dan mini pizzanya. Karena kejunya berasaaa banget… Saking yakin bahwa beberapa dari makanan ini gak mengandung gula dan garam, gw udah gemes mau kasih ke Sabia. Tapi sama Dals (a.k.a Bapak Protektif) belom boleh.

Tapi, kemudian aku pun nanyananya sama Chef Winny kirakira apa aja yang harus kupersiapkan kalo pengen bikin makanan oats untuk Sabia setelah satu tahun.😀

Pendeknya, seneeeeeeeeeeng banget bisa dapet kesempatan dan pengalaman hadir di acara yang banyak nambah pengetahuan (dan bikin perut kenyang ini). Garagara ini, jadi gayagayaan ngidam oven buat masak nanti di mini but mine. Hahaha..

Buat yang tertarik mau bikin makanan seperti di atas, jangan sedih, ini kuberikan link resep di web sayangijantungmu atau kalo mau bikin pizzanya yang enak banget itu, coba yang ini…

Quaker Oat Pizza

Adonan dasar:

• 50 gr Quaker oat, sangrai hingga beraroma, haluskan dengan blender

• 125 gr Quaker Oat, sangrai hingga beraroma

• 250 gr tepung whole wheat

• 250 gr Japanes bread flour (komachi) atau bisa diganti dengan tepung terigu biasa

• 7 gr yeast/ragi roti (1 sachet)

• Sejumput gula

• 250 gr air hangat suam kuku

• 2 sdm makan extra virgin olive oil atau bisa diganti minyak sayur

Topping:

Bisa dibuat sesuai selera, misal:

• Saus bolognaise dan keju

• Jamur kancing

• Brocolli & cheese

• Cream chesse, asparagus, dan potongan daging ayam

• Apple, cinnamon, and raisins

Cara Membuat:

1. Campurkan ragi roti dengan air hangat dan gula. Diamkan selama minimal 15 menit atau hingga muncul gelembung di permukaan air

2. Campur semua bahan kering. Tuangkan minyak dan air campuran ragi sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan tangan. Uleni hingga kalis

3. Masukkan ke dalam wadah, diamkan adonan setidaknya 20 menit dengan ditutup kain dalam suhu ruang, sampai adonan mengembang 3 kali lipat.

 4. Panaskan oven hingga 180 derajat Celcius

5. Bagi adonan sesuka Anda, pipihkan dengan ketebalan yang Anda suka, tambahkan topping sesuai selera

6. Panggang selama 12-18 menit sampai matang

7. Sajikan

Nyaaaaaaammm!

Ayo ah, kita coba samasama dan hidup lebih sehat mulai hari ini..😀

Karena sehat ternyata juga bisa lezat..😀

Leave a Reply

