.@soalBOWBOW.

Standard

Tau akun Twitter @soalBOWBOW?

Kalau tau, gw mau cerita dikit, bahwa sebenernya akun itu gak akan ada kalau bukan karena Sabia.🙂

Itu semua berawal dari kelahiran Sabia, anakku yang manis. Hehehe. Garagara lahiran itu, gw dijenguk sama neng Loulou, sahabat gw sejak SMA. Di mana pas itu dia bawain gw segambreng majalah, termasuk majalah anakanak yang bermaskot kelinci.

Tiga bulan cuti di rumah, dan kadangkadang cuma berduaan sama seorang bayi yang bobo melulu, kadangkadang bikin gw bosen. Maka gw pun mulai ngebacain semua majalahnya termasuk si majalah anakanak itu. Di majalah itu, ada soalsoal pelajaran SD dan mulailah gw iseng ngejawabin soal itu sama bokap gw dan si Dals.

Awalnya jawabannya serius. Tapi jawaban yang serius itu ternyata membuat gw mentok, gak bisa jawab lagi kalo soalnya udah untuk anak SD kelas 4 ke atas.. HAHAHAHAA.. Akhirnya mulailah jawaban yang ngacongaco. Kemudian, ketika kk gw dan Inyika dateng, kita mulai jawabjawab lagi sampe ketawaketawa banget, dan berhubung waktu itu majalah itu ada dua, yang satu dibawa sama Inyi dan satunya lagi gw pegang.

Pada suatu Jumat malam yang macet dan ujan, gw sama Indie bete karena sumamisumami kita (baca: si Dals dan kakak gw) terpaksa pulang telat. Iseng, gw ngajak dia main soalsoal itu di Twitter. Pertamanya cuma buat kita jawabjawabin berdua. Gak taunya tementemen yang lain ikut jawabin. Kebetean kita berdua langsung sertamerta ilang karena jawabanjawaban tementemen itu kocakkocak banget. Dan gw sama Inyi saling meng-RT jawaban supaya samasama bisa liat.

Setelah capek ketawatawa gitu, gw dan Inyi jadi seneng mainan soalsoal itu di Twitter. Kita jadi beli lagi majalah itu dan lempar soalsoal itu kalo lagi gak ada kerjaan. Keisengan ini disambut baik oleh tementemen kita. Kalo kita lagi gak main, ada si Naniet yang tibatiba lempar soal dari buku bank soal UAN SD punya ponakannya atau Dee yang juga suka ikut beli majalah anakanak itu.

Tanpa disadari, yang ikutan jadi banyak. Dari tementemen kita, sampe orangorang yang kita nggak kenal. Sampe akhirnya akun pribadinya Dee — yang lagi lempar soal saat itu, kena limit dari Twitter dan gak bisa ngetwit. Garagara itu, Dee pun bikin akun khusus untuk lempar soal ini. Dan sejak itu, Shasya pun ikutan RT jawaban dan melempar soalsoal.

Ternyata dalam hitungan jam, followers si akun khusus ini udah menjadi ribuan. Akhirnya setelah melalui diskusi yang matang, kita memutuskan untuk mengubah logo dan nama akun menjadi @soalBOWBOW.

Setelah semakin banyak yang baca dan ikutan, kita semakin sering pun cekakakcekikik ngeliatin jawaban yang makin lama makin menggila. Karena ada kewajiban RT, akhirnya kita pun memilih jawabanjawaban yang benerbener gak kepikir aja gitu oleh orang kebanyakan — meskipun kadangkadang kalo yang admin lagi bener, terus nge-RT juga jawaban yang bener😛

Awalnya kaget juga ngeliat kalo ada yang ngomelngomel kalo gak di-RT atau gimana. Tapi lamalama ya sudahlah. Niat kita pada akhirnya cuma menghibur dan terhibur, jadi kalo ada yang merasa gitu juga ya syukur. Kalo enggak, ya kita gak bisa mengharapkan semua orang punya pendapat yang sama dengan kita, ya kan?

Karena semua diawali iseng, kita nggak pernah menyangka kalo jumlah followers-nya bisa mencapai ratusan ribu. Pertama kali ditawarin untuk on-air di Motion Radio, itu kita benerbener noraknorak bergembira gitu. Sampe mo ngeblow rambut dulu, padahal kagak ngaruh kan gak keliatan juga.. Hihihihi..

Nah, garagara on-air bersama Miund dan Dagienkz itu, akhirnya kita mendapat kesempatan untuk kerjasama dalam bentuk kuis. Kuiskuis itu kita selenggarakan pada waktuwaktu khusus di akun @soalBOWBOW. Seperti halnya kadangkadang ada yang protes karena gak di-RT, kadangkadang juga ada yang protes kalo menurut mereka pemenangnya seharusnya gak menang. Meskipun banyak juga yang sadar bahwa ini semua cuma mainan dan setiap kuis pasti ada menang dan kalah.

Tapi di atas semua suka dukanya punya akun ini, gw selalu seneng karena pada dasarnya kita memulai dari sesuatu yang kecil banget, yang ternyata (mudahmudahan) bisa menghibur banyak orang (amin). Ketika ada yang mau sponsorin, kita minta kerjasamanya dalam bentuk kuis, karena kita pengen followers mendapatkan keuntungan juga.

Meskipun kesannya, @soalBOWBOW ini gak serius, tapi pada perjalanannya kami — admin dan temanteman yang mendukung di belakangnya — serius dalam mengelolanya. Saking seriusnya,  para admin (yang disebut juga : ibu guru @soalBOWBOW ) juga akhirnya beneran beli bukubuku soal anak SD, supaya gak kehabisan soal.😛

Jadi, sebenernya soalsoal itu serius. Yang membuatnya jadi lucu yah jawaban dari para followers-nya itu sendiri😀

Selain itu kita juga berusaha profesional, gak keseringan nge-RT jawaban tementemen kita DAN, dengan sangat terpaksa, tidak memenangkan orangorang terdekat kita sendiri saat kuis. Hihihihi.. Maaf yaaaaaaaaaa, Dals.. dan juga kamu, kamu, kamu, kamu dan kamu (you know who you are-lah!)..😉

Eniwey. Sadar bahwa jumlah followers memungkinkan kita untuk berbuat lebih daripada sekedar seruseruan doang, kami juga sempat membuat posko “BOWBOW Peduli” — yang mengumpulkan dan menyalurkan sumbangan ke daerah bencana yang membutuhkan. Saat kita buka posko untuk bencana Merapi, banyaaaaaak banget yang terkumpul di empat posko yang kami buka. Artinya tementemen yang follow pun juga banyaaaaak sekali yang baik dan gak hanya hepihepian aja..

Terlepas dari segala ke-funfunbow-an, keseruan, keramaian yang terangkum di dalamnya, gw pribadi seneng banget karena kita semua selalu kembali ke motivasi awalnya. Membuat orang senang dan menambah teman. Itu aja.

Mungkin ada orangorang yang gak puas karena kita dianggap ganggu timeline atau gak lucu atau gak adil dalam menangin kuis, tapi setidaknya (barangkali / mudahmudahan) ada juga yang seneng dan terhibur di tengah macet karena baca atau membuat jawabanjawaban yang luculucu, ada juga yang seneng dapet hadiah, ada juga yang seneng bisa membantu tementemen di daerah lain yang membutuhkan dan sebagainya.

Bagi gw pribadi, itu udah lebih dari ekspektasi gw ketika awalnya — di suatu Jumat malam sama Inyi itu — main soalsoal ini. Dan melihatnya berkembang menjadi seperti ini, bagi gw pribadi, merupakan pengalaman tersendiri yang lebih dari cukup.

Enggak pernah kebayang di kepala gw bahwa di taun 2010 ini, gw dan 4 orang lainnya — yang mana sebagian besar pun dipertemukan dari dunia maya, bisa sesekali “menyusup” di keseharian ratusan ribu orang dari timeline. Enggak pernah kebayang juga bahwa hal isengiseng bisa menjadi “sesuatu” yang gak sekedar dodoldodolan ajah.. Hehehe.

Jadi, melalui posting ini, kalaukalau ada yang baca dan kebetulan follow, gw cuma pengen bilang terima kasih buat semua yang udah follow @soalBOWBOW. We are, somehow, connected. Terima kasih buat kesempatankesempatan yang diberikan. Semoga walopun mungkin cuma keciiiiiiiiiil banget porsinya, tapi bisa selalu bermakna buat banyak pihak yaaa…

Stay cool, stay in school!

Daaaaaaan… jangan salah kelas!😀

.on-air @SOALBOWBOW di Motion 97.5 FM -- depan: naniet, dee, shasy. belakang: inyi, gw (sama ada Sabia😛 ).

.@soalBOWBOW dalam sebuah artikel di majalah FEMINA - ga ada potonya😛.

.@soalBOWBOW - dee, gw, inyi di tabloid NOVA.

.@soalBOWBOW dee,naniet,inyi,gw,shasy di majalah HAI.

Cups!😀

17 responses »

  1. Pingback: Tweets that mention .@soalBOWBOW. « . love . laugh . life . -- Topsy.com

  2. saat pertama kali Smita curhat sama gue kalo soalBOWBOW dapet hater, respon gue pendek tapi dalem:

    “welcome to my world, darling.”

    HAHAHAHHAHA :)))

    yang sabar ya sayangs, kalian dapet pahala loh menghibur orang setiap hari. yang benci itu biasa, tapi selama yang sayang lebih banyak… itu namanya luar biasa😀

    senang udah bisa menampilkan soalBowBow di acaraku dan dagienkz. semoga tampil lagi dan lagi dan lagi yaaa😀 *kecup para ibu guru satu-satu*

  3. Pingback: .selamat ulang tahun, @soalBOWBOW… « . love . laugh . life .

Leave a Reply

