.12 Mei, 12 tahun yang lalu.

Standard

Itu tahun 1998.

Waktu itu, kakak gw, salah satu hidup gw dan hidup bokapnyokap gw, ada di tengahtengah peristiwa Trisakti.

Nyokap gw nyaris gila, bokap gw panik berat dan gw sungguh berharap agar gw tidak akan jadi anak tunggal besokbesoknya.

Itu adalah salah satu keadaan paling mencekam dalam hidup gw, yang membekas jadi pengalaman personal tidak menyenangkan hingga hari ini. Dan gw sungguh berharap semoga tragedi kemanusiaan seperti itu tidak akan pernah terjadi lagi di masa kini.

Amin.

8 responses »

  1. *hugs*
    masih inget jelas gue yg wkt itu baru kelas 6 sd, jg adek gue dipakein baju berlapis2 sama nyokap. trus disembunyiin. honestly, i didnt understand any of that at that time. but it was the time of my life i will never forget.

  2. Walaupun gw ga di jakarta saat itu, tapi suasananya mencekam sampe ke bandung. Dan gw ngerasain diludahin orang, dibalikin dari becak yang gw naikin, dan supir angkot ga mau terima ongkos gw, malah dilempar balik ke gw, dia bilang, nanti biar darah gw yang bayar. Gw takut sekali waktu itu.
    Semoga ga pernah ada lagi kejadian kayak begitu dimanapun di muka bumi ini ya. *peluk*

  3. @ konnyaku: iya bener, ste. gw juga inget di mana malemmalem semua lakilaki di komplek jagajaga di gerbang dan nyokap gw semaleman nyiapin semua suratsurat berharga dan bajubaju seadanya. Gw sampe sekarang masih suka bergidik kalo inget bahwa seandainya itu penjagaan di gerbang komplek tembus, berarti satu komplek gw itu isinya cuma perempuan dan anakanak… huhuh.. semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan ya, kemarin hari ini besok dan nanti. amin.

    @shasya: OMG cerita lo bikin gw asli gak bisa ngomong. Gw rasa semua orang punya ingatan dan pengalaman personalnya masingmasing dengan peristiwa itu yah, yang kalo teringat bikin ngeri lagi. gak ada hal yang lucu sama sekali tentang hal itu, bahkan ketika udah 12 tahun lewat. gw inget banget waktu dulu di TV lagunya “Everybody Hurts” dan rasanya emang ga ada yang bisa menggambarkan lebih tepat selain itu. huhuhu.. sekali lagi, semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan, kemarin hari ini besok dan nanti yah… amin.

  4. aku lupa kapan persisnya, tapi di bulan mei dan di tahun yang sama jogja juga sama mencekamnya. terutama jogja utara, sekitar kampus ugm yg mana jaraknya cuman sekian jengkal dari rumah aku.

    kalo ga salah waktu itu aku masih kelas 1 SMP, masih pulang sekolah seperti biasa. agak sorean dikit banyak mahasiswa yg lari-lari lewat depan rumah, mereka bilang aparat udah mulai masuk kampus. pas itu siangnya emang lagi ada demo. jam 6 sore, abis magrib gitu jalanan depan rumah aku udah sepi pi pi pi banget!

    kayak pas lagi lebaran, asli! sepi bangetttttt.. plus listrik dimatikan. sekitar jam 7an kedengeran tuh suara sepatu bot lari-lari didepan rumah. ternyata sweeping aparat! huhuhuhu.. ga nyampe 15 menit, ada suara orang berantem diluar.

    ternyata ada mahasiswa yg lagi nelfon didepan rumah aku dihajar aparat! trus dibawa sama aparatnya, ga tau dibawa kemana. nah ini mahasiswa ninggal motor yg udah penyok akibat tendangan & coret-coretan, isinya semacam report demo gituh. 2 hari kemudian, si mahasiswa dateng ke rumah, ngambil motornya dengan muka lebam-lebam.

    anw, gara-gara demo ini kakak iparku pun jadi target waktu itu dan ga berhenti sampe di tahun 1998, karena di tahun 2002 pun teror masih aja ada.

    mudah-mudahan tidak ada lagi tragedi serupa. amin.

  5. hi salam knal ……
    crita ttg tragedi trisakti jg pernah kita rasakn di daerah loh mba 1 th sblumnx….. di banjarmasin krusuhan massa hari jumat tgl 23 mei 97 bkin kota kecil yg g ada hirup pikuk politik (era 3 parpol) bs heboh … plaza – satu2nx tmpat hiburan saat itu dibakar, greja dibakar, toko2 dibkar dan djarah, rumah2 dibakar … korban jatuh g khitung …. malemx + mncekam lantaran aliran listrik pun putus.
    wktu itu cuma bingun koq bs jd kya gitu … smpe g ada acr klulusan smp sgala krn skul saya kbetulan hampir jd sasaran pnjarahan massa juga.
    Mknx ktika taon dpnx kjadian di jkt … kita cuman bs bdoa moga jgn smpe kjadian mcam gitu trjadi lg.

  6. Aaaa, Shassy, aku baru baca ceritamu, serem sekali siiihhhhh *pellluuuukkkkkkkkkkkkk sampe meretek* untung kamu baik2 saja sekarang.

  7. >:D<

    terimakasih banyak sudah menulis tentang ini🙂

    buat shasya, saya akan selalu inget kawan2 kayak kamu dan kawan2 saya yang mengalami hal2 kayak kamu, ketika saya mendebat, menghajar,atau mengamuk sama orang yang bikin jokes tentang mei 98. you may keep my word.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s