.”emang orangnya gitu”.

Standard

Salah satu excuse paling basi yang hampir selalu bikin gw kesel adalah kalimat ini:

Maklumin aja, emang gw/dia orangnya gitu sih..”

Hoek.

Bagi gw, itu adalah excuse-nya orangorang egois yang selalu mau dimaklumi.

Nyokap gw, seorang Psikolog yang sampe saat ini masih aktif bekerja freelance di berbagai institusi, pun bisa berubah judes mantab banget kalo denger kalimat itu.

Kenapa?

Karena bagi kita, kalimat itu gak menunjukkan orang mau berkembang menjadi lebih baik. Terus menerus minta dimaklumi dengan adanya sifatsifat yang sebenernya gak-banget tapi karena udah-dari-sononya-gitu-mau-gimana-dong?

YA DIRUBAH KALI!

Bahkan dunia aja berubah setiap saat, terus lo gak mau berubah dan, sebaliknya, berharap satu dunia maklum dengan sifat lo yang udah dari sananya gitu?

Situ siapa?

Bagaimana bisa berkembang menjadi lebih baik kalo mau terusterusan dan bangga untuk memelihara sifat yang udah gak jaman lagi? Dikritik pun gak mempan, karena selalu ngumpet di pembenaran diri yang seperti itu.

Barangkali sepuluh tahun lagi mereka juga masih sama aja, akibat resistensinya untuk berubah. A reward for being proud for nothing.

Semoga kita tidak akan pernah menjadi orangorang seperti itu. Amin.

4 responses »

  1. huhhu begitu baca postingan ini lagsung mikir ‘dosen pembimbing skripsi gw bgt deh’.
    nyiksa emg ngadepin org yang ga bisa dikritik dan slalu ngerasa benar.

  2. Ini alesan basi-garing-kriuk2-crispy-tapi-sama-sekali-gak-nyam2 banget, deh.

    Bener pendapat elo dan emak lo, tapi sekaligus gue melihat bukan cuman manusia egois, tapi manusia yg coward alias pengecut karena gak berani buat nerima/ngejalanin kritik membangun dari orang lain untuk merubah dirinya menjadi lebih baik lagi.

    Manusia yg gak kepengen jadi lebih baik di hidupnya, beneran cuman bikin sempit2in dunia aja.

    Cuman, ada beberapa fakta dan sikon dalem hidup yang kadang2 harus membuat kita nerima sifat/karakter orang tertentu…daaaan yg bikin pusing dan ribetnya, yg harus diterima itu adalah orang2 terdekat/tersayang (atau related to those kinda people)…

    udah gitu, biasanya kita musti dealing secara intense sehari2 sama orang2 macem begono-an. (seperti misalnya extended family *wink wink*)

    Kalo udah begitu kasusnya…mariii…kita ngemil minum pil sabar๐Ÿ™‚

    Ini numpang sampah curhatannya disini, abisnya recent case gue akhir2 ini dealing sama “manusia batu” alias gak pengen berubah jadi baik ini sungguh bikin frustasi….๐Ÿ˜€ maap ya neng….

  3. kayaknya pengen deh gw bacain postingan ini di muka temen2 kuliah gw yg sampe sekarang ga mau berubah. Helloo, you are nearly 30 yo and still act like 21 yo guy. WAKE UPPP!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s