.fenomena ‘Kakak-Adek’ (ketemu gede).

Standard

Waktu kapan itu, gw sama si Dals lagi bengangbengong gak ada kerjaan. Makanyalah pembicaraan kita sungguh kemanamana. Salah satu topik yang akhirnya dibahas waktu itu adalah ‘fenomena kakak-adek (ketemu gede)’.

Apakah itu ‘fenomena kakak-adek (ketemu gede)’? Pengertian asalasalannya itu, pada umumnya adalah, sebenernya temenan doang tapi saking (merasa) deketnya, akhirnya kedua pihak merasa hubungannya udah kaya kakak-adek. Dan walopun kadangkadang juga dialami oleh pertemanan sesama jenis, tapi kali ini gw mau membahas yang berlawanan jenis doang yaa..😛

Nah. Hubungan yang seperti ini, pada level tertentu, ada yang berkakakadek karena emang hubungannya sedekat itu. Kaya gw sama Angga dan Anies misalnya. Gw sama Angga itu udah berteman dari SD, walopun kita kenalnya malahan lebih jauh lagi yaitu dari TK. Kita temenan bareng, tumbuh bareng walopun beda sekolah, jadi ABG samasama, pokoknya Joey-Dawson gitu deh.. *halah*. Hanya saja, TIDAK seperti Joey dan Dawson, kami enggak pernah punya cerita lain selain sahabatan. Udah.

Gw punya beberapa sahabat cowok. Tetapi, yang gw restuin menganggap gw adeknya dan memanggil gw ‘adek’ cuma Angga doang. Karena, (1) kita udah temenan lama banget, (2) enggak pernah ada ‘cerita lain’, dan (3) emang dia gak punya adek perempuan. Ketika Angga pacaran lama banget sama Anies dan akhirnya menikah, kemudian Anies juga memanggil gw ‘adek’, juga gw senang. Karena dia bagian dari temen kecilku itu.

Tapi, ada juga hubungan kakak-adek yang berbeda lagi. Terjalin antara lawan jenis, dan terkadang hanya ada satu pihak yang benerbener menganggap hubungan itu murni sahabatan. Karena apa? Karena, biasanya (lagilagi gak selalu loh!), pihak satunya mau jadi kakak/adek karena….. sebenernya mau dipacarin tapi, karena satu dan lain hal, gak bisa. Jadi, ya sudahlah, asal tetep deket aja.

Persahabatan gw sama Angga itu membuat gw percaya 1000% bahwa cewek sama cowok bisa kok, cuma sahabatan doang, gak lebih. Tapi ketika dihadapkan pada fakta kedua (yang mana, nampaknya LEBIH MARAK), gw jadi mikir barangkali memang bisa, tapi gak semua orang bisa.

Jujur aja, pada awalnya, ketika sampe 2010 ini gw masih menemukan ada cowokcowok yang menggunakan trik kakak-adek ini, gw masih berpikir ‘yaelaaaaaaaah..’ gitu. Karena bagi gw, terlalu ketebak. Tapi, ketika mencoba melihat lebih dalam, di mana biasanya perasaannya lebih kompleks lagi, gw mencoba untuk memahami.

Barangkali, fenomena kakak-adek itu salah satu cara untuk ngatasin biar gak terlalu sakit kalo gak bisa bareng, tapi tetep bisa deket. Meskipun barangkali, menurut gw ya, tetep sakit juga karena satu pihak tau gak bisa bareng karena satu dan lain hal, sementara pihak yang lain….. benerbener nganggap itu sahabatan doang bisa jadi malah gak tau menau kalo si kakak/adek itu sebenernya, seandainya mungkin, berharap lebih.

Uhm…

Terus dari ceritacerita temen gw yang pelaku kakak-adek-an ini, katanya bisa jadi kompleks hubungannya. Nanti kalo suatu kali yang harap lebih ini ngaku kalo sebenernya suka, sementara yang satunya udah mulai nyaman hubungannya gitu aja, nanti jadi canggung. Tapi gak jarang juga yang jadi kakak-adek karena udah ‘ngomong’, terus ditolak, terus ya udahlah jadi kakak-adek. Tapi tetep sedih ketika si kakak atau si adek cerita lagi dideketin orang.

Whew.

Pusing yah?

Tapi tenang aja, ada juga kok yang awalnya kakak-adek terus tibatiba pacaran. Kalo emang tujuannya emang mau ke situ.. Hihihi.

Yah, apapun sih, intinya posting ini gak mau nge-judge. Terserah aja kalo orang mau menjadikan fenomena kakak-adek sebagai cara coping stress atau justru a trick in the book. Ini cuma pembahasan isengiseng karena melihat tementemen yang, kebetulan, menggunakan cara ini. Intinya selalu balik lagi ke masingmasing.

So, with that, I’ll say….. whatever works for you!

Haha.😛

21 responses »

  1. Ada temen gw pernah bilang, fenomena kayak gini terjadi ketika si kakak tried to get in to si adek’s skirt, but fail🙂
    Tentunya bukan pada kasusmu dan Angga ya🙂

  2. hum… emang ngebingungin sih… daku pernah dua2nya tuh… yang asli sobatan ampe deket ke ortunya si cewe dan ada juga yang ngarep…

    kalo dipikirin sih pusing, kalo dijalanin sih…
    asal dinikmatin gimana adanya sih ya…

  3. nyeeettt gue-yoda-maund kan kakak adek ketemu gedeee. gimana dong? masa salah satu dari mereka harus deketin gue sikkkk? aaaaaaaaaaaa!!!
    *lebay takut gak penting*

    hahahahhaha

  4. @ iin: hahaaha.. pengalaman yes?😛

    @ Shasya: gw gak bisa bilang ‘semua kasus seperti itu’, tapi ya mostly emang karena gak bisa dipacarin.. terlalu ketebak ye?😛

    @ Mayo: ayoooo ceritain tentang yang ngareeep.. hihihihi..

    @ ana: hehehehe… semacam yaaa..😉

    @ mawisa: kalo kakak adekan SESAMA JENIS mah gak apaapaaaaaaaaaa, tauuuukk.. hihihi.. *uhm, kalo sama jojiii…? uhmm.. YAH SAMA JOJI MAH GAK NGARUH* hihihihihi.. :*

  5. hahahaaa
    aku ngalaminnnn,,,,kapok pok pok…krna ujung2 nya sedihhh😦
    jd kaya cinta n luka,,ahaaayy.
    nice blog🙂

    slm kenal yaa

    oh ya mba,,btw,,klo mu foto prewed sm kk nya bs ya?boleh mnta pricelistnya mba?aku rncananya mu foto yg simple2 ajaa ..hihihi ,klo boleh imelin y mba,,tengkiuuu bgt. *happy pregnant*

    • maka nya jangan suka sok² an mau jadi kakak adek begitu dia kawin eh malah bikin sakit hati..

      terlbih jika kamu yang sudah merried dan masih berhubungan sama dia apa nanti kata pasangan hidup kamu??

      • eh ini kenapa ya?

        menurut saya, setiap orang boleh punya masa lalu dan setiap orang berhak untuk tidak dihakimi lhooo..

        mari saling menghargai..🙂

  6. hehehehee.. jangan sediiih, karena kan kalo gak ngalamin, gak punya pelajaran dan cerita.. hehe. utami, terima kasih ya udah mampir dan komen.. salam kenal juga🙂

    tentang foto pre-wed, aku imel yaaa..🙂

  7. kakak-adek fenomenal yang harus di jauhi. kakak-adek=pacaran berkedok saudara

    bagi yg punya pacar trs pacarnya masuk ke fenomenal ini, maka pacar ente sebenarnya pacaran sama kakak or adek yg di sebutnya itu! WASPADALAH!!!!!!!!!!

  8. WAHHH baru paham kk ketemu gede ato adek2 gtu ,, klo ga lhat di net apa jadinya,,
    huhhh sebel di jadiin bgtuan.. padahal mw yg pasti >,<
    tq pmbahasannya ^^

  9. gua punya pacar tp pacar gua pnya adik ketemu gede tiap hari dia bareng terus. tp gua kagak tau bsok endingnya seperti apa hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s