.sleep in peace.

Standard

Berpulangnya seorang tokoh negara biasanya tidak selalu menimbulkan suatu simpati personal buat gw. Tetapi berita berpulangnya ikon pluralis Indonesia tempo hari, yaitu Gus Dur, serta merta membuat gw tertegun sejenak waktu mendengar kabar itu.

Pikiran pertama gw langsung ke bokap. Karena bokap gw sejak dulu sebelom Gus Dur jadi presiden ke-4, udah sangat mengidolakan beliau. Setelah itu gw buka Twitter dan ternyata di situ udah dibanjiri banyak banget komentar orangorang yang berduka mengenai berpulangnya Gus Dur.

Tibatiba gw pengen nangis ajah.

Dan gw gak tau kenapa gw merasakan kesedihan seperti itu. Barangkali karena secara sadar atau nggak sadar, gw sebetulnya juga memiliki penghargaan lebih kali sama beliau, dibandingkan yang lainnya. Udah gitu mungkin juga karena bokap gw idolain dia ditambah lagi banyak orangorang sepantaran gw mengungkapkan bela sungkawanya secara tulus dengan caranya masingmasing. Hiks.

Terus paginya, dapet kabar juga di tivi kalo Frans Seda meninggal. Haduh sedih banget sih akhir tahun banyak tokoh meninggal. Apalagi beliau mendirikan Atma Jaya looohh.. Hiks. Sudah pasti berjasa juga buat gw.

Yah, semoga untuk semua orang yang berpulang semoga tenang di sisi Tuhan dan bagi yang ditinggalkan senantiasa diberikan kekuatan dan ketabahan.

Sleep in peace.

One response »

  1. Semoga mereka diberikan tempat yang terbaik ya. Tambah banyak baca, tambah kagum gw dengan pemikiran pluralisme Gus Dur, karena agama buat gw intinya kedamaian, apapun itu.

Leave a Reply

