.2012.

Standard

Gw nonton 2012 hari Minggu kemarin, di hari pacaran. Ihiiiy.. Senang!😛 *keluar dari konteks*. Oke, mulai lagi.

Gw nonton 2012 kemaren. Film yang dengerdenger sih ngantrenya mayan seanyinganying dimanamana. Untung aja sumami eke pinter pilih bioskop sehingga di tempat gw nonton, yaitu di Hollywood KC, entah gw datengnya tepat waktu atau gimana yang jelas antrenya biasa aja..

Tapi kali ini gw gak mau bahas filmnya, biar pada nonton sendiri ajaah.. (emang kita kaya review film koran terkenal ituuu? Spoilerrr? Hahaha). Yang mau gw bahas adalah… yah, si 2012 itu sendiri..🙂

Tahun 2012 disebutsebut sebagai akhir jaman. Itu adalah suatu konsep yang pernah dihembuskan dan sekarang makin sering didengungdengungkan di sanasini. Secara bisa diitung pake jemari di satu tangan doang, jujur ajah bahwa itu pun sempet membuat gw ketarketir khawatir, kalokalo berita itu benar adanya.

Konon kabarnya pada saat itu kalender Maya berakhir, dan bangsa Maya udah memperkirakan bahwa pada saat itulah akhir dari peradaban. Terus ngeramalin juga bakalan terjadi sesuatu yang berhubungan sama mataharilah, yang pengaruhnya bakalan dahsyat ke bumi.

Gw gak gitu ngerti sih, tapi kalo bicara fakta aja yang melihat tentang isu pemanasan global yang bikin musim udah gak jelas dan sebagainya, gw menyimpulkan bahwa barangkali memang sudah terlalu banyak intervensi manusia terhadap alam, terus pergerakan lempenglempeng, terus juga usia bumi sudah tua, makanya sekarang banyak kejadian macemmacem begini.

Eniwey, daripada salah ngomong, balik lagi aja ke konsep ‘2012 itu konon bakalan kiamat’. Percaya gak lo dengan konsep itu?

Entah karena ngarep enggak terjadi atau apa, gw gak mau meyakini bahwa 2012, yang artinya 3 tahun ke depan, itu bakalan kiamat. Kenapa?

Karena… gw udah berkalikali dapet berita tanggal segini kiamat. Taun 1999, katanya ramalan Nostradamus. Terus taun 2000. Terus kapan tuh ada juga suatu aliran apa tuh yang bilang itu. Sebenernya, bagi gw, terserah aja orang mau punya opini hari kiamat itu kapan. Itu kan pencapaian pribadi dan/atau aliran masingmasing.

Tapi efeknya yang gw rada sesalkan. Efek pertama yang gw rasakan dari penggembargemboran berita ini adalah kesadaran betapa manusia itu seneng banget bermain jadi Tuhan. Seolaholah kiamat itu bisa diprediksi, baik secara instingtif ataupun secara ilmu pengetahuan. Efek kedua, yang selama ini justru gak pernah terpikir dalam kepala gw, tapi nampaknya merupakan efek utama dari pemberitaan semacam ini adalah…efeknya ke anakanak kecil.

Gw pernah gitu baca (lupa dimana), ada loh anak kecil yang nanya ke ibunya, ‘Mama, berarti aku hidupnya tinggal tiga tahun lagi ya?‘ dan ketika suatu hari ditanya citacitanya apa, dia gak punya, karena itu.

Gw denger itu mayan kaget yah. Karena selama ini gak pernah terbayangkan gimana efeknya buat anakanak ketika mereka denger dan mengolah informasi ini. Dan ketika tau bahwa cerita di atas cuma salah satu contoh dari respon anakanak terhadap ramalan tahun 2012 ini, sedih aja…😦

Barangkali sebagai manusia itu kita sebaiknya pasrah aja. Meskipun tau bahwa ketika segala hal bisa diprediksi, kita jadi merasa lebih punya persiapan dalam menghadapinya. Tapi sekali lagi, bukan kita yang menentukan, bukan kita yang punya kuasa menghentikan waktu. Dan, siapa tau, semua prediksi itu pada akhirnya gak jadi apaapa.

Gw pernah baca di Twitter, gak tau punya siapa, kayanya RT-an gitu. Menanggapi habisnya kalender Maya pada 21 Desember 2012. Katanya, ‘Kalender Masehi juga berakhir setiap tanggal 31 Desember, tapi kan bukan berarti kiamat‘.

Barangkali tulisan gw ini isinya gak jelas dan juga penuh katakata yang terdengar bodoh. Cuma, satu hal yang gw ingin yakini, enggak ada satu orang pun di muka bumi ini yang tau kapan hari terakhir itu tiba. Itu bisa terjadi di jaman ini, saat kita masih hidup. Tapi bisa juga entar gak tau kapan, dan kita udah gak ada.

Apapun dan kapanpun itu, kita jadiin aja ‘kiamat-yang-gak-tau-kapan’ itu sebagai konsep untuk bisa selalu berbuat lebih baik dari kemarin. Supaya kita bisa selalu berlaku maksimal dalam peran kita seharihari, supaya kita bisa semakin menghargai kehadiran orangorang tercinta di dekat kita, supaya kita bisa semakin menghargai betapa kecilnya kita dan betapa indahnya hidup yang udah dikasih Tuhan sama kita.

Supaya kelak ketika saatnya tiba dan kita mengalaminya, kita enggak punya penyesalan karena gak mensyukuri semua yang udah dianugerahkan buat kita.

Dan semoga apabila suatu hari hal itu terjadi di dalam masa kehidupan ini, saat itu kita bisa bersama orangorang yang kita cintai. Karena pada akhirnya enggak ada yang lebih penting di dunia ini selain orangorang yang kita cintai dan mencintai kita🙂

Amiiinn..🙂

6 responses »

  1. Uhm, klo aku sih masih inget (n disadari ato ngga memilih) soal kiamat tahun 2116 yg aku baca di koran Berita Buana sekitar tahun 91-92an..
    So klopun bener 2116, ya sutralah..
    Pokoke jalani hidup sebaik mungkin..
    Penuh impian dan rencana..
    Penuh usaha dan doa..
    Manfaatkanlah waktu bsama orang2 yg dicintai..
    *serius mode : on*

  2. Kalo gw ngeliat film itu sebagai salah satu pengingat aja, betapa berharganya waktu bersama orang2 tersayang, bagaimana memanfaatkan dan membuat mereka tau akan rasa sayang kita. Semuanya sangatlah penting, karena kita nggak pernah tau seberapa banyak lagi waktu yang kita punya.

  3. aduh Supita bacanya Berita Buana Minggu…
    itu mah isinya ramalan primbon Jawa, bukan suku Maya! hwakakaka… aduh masih mules bacanya secara Buana Minggu tuh oldskul abis, secara bokap2 kita dulu langganan. udah lama nggak baca sih, masih ada nggak itu koran?
    2012 jadi nggak penting lagi, ihihihi… eh penting si, karena aku belum nikah lagi, ihihihihi…

  4. lagian kalo rahasia yang disimpan Tuhan sekian lama bisa dibongkar dengan satu film atau satu penghitungan manusia, ayayayah…. masa iya sih ah. paling diatas sana, Dia ketawa, dan “gotcha!” kataNya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s