.masa lalu dan halhal bodoh.

Standard

Terkadang kita melakukan halhal bodoh di masa lalu. Halhal bodoh yang disengaja ataupun enggak.Halhal yang jelasjelas bodoh, bahkan pada saat itu, atau halhal yang baru terlihat bodoh, ketika kita sudah bisa melihat dengan mata lebih jernih, hari ini.

Lantas, kata orang bijak, masa lalu kitalah yang membentuk kita seperti sekarang.

Masa lalu. Artinya SEMUA hal, termasuk halhal bodoh itu. Dan itu adalah wajar. Dan barangkali harus disyukuri, terutama ketika sekarang ini kita udah ada di posisi yang jauuuuuh lebih baik dari saat itu.

Karena itu, ketika sudah sampai di sini dan kini, janganlah mengartikan hal bodoh itu sesuatu yang lebih dari sekedar pembelajaran. Maksudnya, jangan kelewat lama apalagi menyesal berlebihan atas sesuatu yang kurang di masa lalu. Kenapa? Karena itu sudah lewat. Dan kalo kita berhasil ada di sini sekarang, artinya kita sudah berhasil melewatinya.

Hidup terus bergerak, maka berjalanlah dengan dua kaki. Jangan biarkan satu kaki tertambat di masa lalu.

Kita membicarakan hal bodoh. Ini sekedar hal bodoh, bukan hal jahat. Barangkali hal jahat harus kita ingat dan sesali sampe mati. Tidak demikian dengan hal bodoh yang mengijinkan kita belajar dari kesalahan di dalamnya dan menjadi lebih pintar dengan tidak mengulanginya lagi.

Semua orang bisa berbuat bodoh. Semua orang pernah melakukan halhal bodoh sekali waktu. Tapi hanya orang bodoh yang membiarkan masa lalunya mengikat dia terus selamanya di sana.

Dan, saya ingin percaya bahwa kita semua bukan orang bodoh.

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s