.(kembali) mencitacitakan citacita.

Standard

Barangkali sebenernya gw terinspirasi sama Skrumpil, yang pernah bilang bahwa dia gak mau kerja kantoran lamalama, dan dia punya target usia berapa dia akan berhenti kerja untuk kemudian punya usaha sendiri. Pertama kali gw denger konsep itu, gw masih iyaiya aja. Soalnya gw sendiri itu adalah tipe orang yang gak masalah mo jadi karyawan orang terus, gak masalah jabatan gak bergengsi, yang penting jumlah duitnya๐Ÿ˜›

Tapi tibatiba minggu lalu, di suatu hari yang cerah, pas gw lagi mandi sambil kontemplasi, tibatiba snap! ajah, muncul suatu pemikiran di kepala gw. Pikiran ini mungkin gak terlalu orisinil, mungkin terinspirasi sama si Skrumpil itu tadi juga, tapi buat gw saat itu (dan sampai saat ini) itu masuk akal dan barangkali bisa direalisasikan.

Jadi yah, seandainya Tuhan mengijinkan, gw pengen bercitacita untuk berhenti jadi karyawan. 10 tahun dari sekarang. Wooow.๐Ÿ˜› Ini ditulis di sini sebagai (1) salah satu usaha The Secret – katanya kalo ditulis bisa benerbener terjadi, (2) dokumentasi aja, (3) cerita doang.๐Ÿ˜›

Kenapa 10 tahun dari sekarang? Karena 10 tahun dari sekarang, itu artinya gw sudah akan memiliki pengalaman kerja selama 15 tahun. Tetapi di sisi lain 10 tahun dari sekarang, gw baru 38 tahun yang mana itu usia yang masih produktif untuk ngapangapain. Selain itu tentunya supaya gw punya waktu 10 tahunย untuk mencoba menyari apa yang akan dilakukan kelak.

Idealnya.๐Ÿ˜›

Padahal masih gak tau juga sih mau ngapain. Hihihihi.

Tapi setidaknya pengen punya citacita karena dengan begitu kita punya satu titik yang dipegang. Dan halhal seperti itu membuat gw nyaman.๐Ÿ˜›

Waktu itu gw sama Dals ngobrolin tentang apa yang benerbenerrr kita ingin lakukan dalam hidup kita – dalam konteks aktivitas/kerjaan. Dan karena bukan kapasitas gw untuk memaparkan apa yang dia rasain terhadap kerjaannya dia, maka sekarang ngomongin gw aja yah. Terkadang gw seneng dengan apa yang gw kerjakan sekarang, tapi ketika gw lagi gak ngerti kerjaankerjaan baru gw, gw kehilangan minat atas kerjaan gw. Tibatiba gw begitu ingin balik ke dunia yang gw tau – HR, Komunikasi, halhal yang gak teknis – karena setelah lima tahun kerja gw baru tau kalo gw lebih menguasai halhal bersifat relasi dan non-teknis.

Memang sibuknya mongki banget di HR atau di Kom, tapi setidaknya gw hampir selalu tau apa yang gw lakukan. Dan ketika gw pusing pun, gw bisa mencari jalan keluar sendirian. Ketika gw di bagian bersifat teknis, ada kalanya gw tertarik. Tapi ketika gak ngertingerti dan gak tau mesti tanya ke siapa, gw pun jadi kehilangan minat. Dan gw sungguh gak mengharapkan 15 tahun yang gw sebut di atas itu bakalan jadi percuma karena gw melakukan sesuatu yang sulit gw kuasai.

Intinya, gw sama Dals punya minat yang lain dari apa yang kami kerjakan seharihari saat ini. Dan untuk menambah semangat “we are young, we are free… feel alright *” dalam hidup kita, gw lagi mendorongdorong dia untuk ayooo jangan takut, kita lakuin aja sesuatu yang selama ini menjadi passion (sori ga nemu bahasa Indonesianya) kita.

Gw sampe bilang sama Dals,

Ayo kita buat perjanjian, Dals. Minimal satu kali dalam hidup kita, kita HARUS melakukan minimal satu langkah untuk memajukan impian kita. Jadi misalnya aku pengen banget nerbitin buku nih, aku ngirim naskah ke penerbit aja udah jadi satu langkah. Terserah diterima atau enggak. Tapi setidaknya, minimal sekali dalam hidup kita, kita tau bahwa kita gak sekedar mimpi tanpa usaha.

Rencana 10 tahun itu….. gw belom tau akan jadi apa. Ada sih dalam anganangan, tapi barangkali disimpan sendiri dulu.๐Ÿ˜› Barangkali hanya sekedar mewujudkan citacita lama, tapi bukan berarti gak ada citacita baru. Dan apabila diijinkan sama Tuhan, pasti seneng kalo semuanya bisa berjalan. Amiiinn…

Waktu kapan itu, abis nikah, kita juga dapet masukan untuk membuat target tahunan. Tahun depan mo ngapain, tahun depannya lagi apa, gitugitu. Jadi semua terencana, dan ketika kerja nyari duit, tau duitnya bakalan dialokasikan kemana.

Itu menurut gw bagus banget. Dan sebenernya perencanaan kaya gitu gak harus dilakukan sama orang baru nikah doang. Dulu gw juga jaman kuliah beberapa kali punya perencanaan. Waktu itu malah mingguan. Dan setiap rencana itu dicentang, yang artinya sudah gw lakukan, itu rasanya puas abis.

Nah, demikianlah hasil kontemplasi pagipagi gw. Mudahmudahan kami dan kita semua bisa berhasil dalam mencapai rencanarencana hidup kita yahhh..๐Ÿ˜€

Amiiiiiiiin.

Selamat pagi semua! Semoga hari ini jadi hari baik..๐Ÿ™‚

*words are taken from Alright – Supergrass.

4 responses »

  1. Terkadang gw seneng dengan apa yang gw kerjakan sekarang, tapi ketika gw lagi gak ngerti kerjaankerjaan baru gw, gw kehilangan minat atas kerjaan gw. –> ini juga yang gue rasain di divisi gue sekarang, bukan berarti gue nggak mau belajar atau membuka diri terhadap hal baru (karena gue sudah melakukan bagian itu), tapi gue merasa pasti akan lebih maksimal hasilnya kalo kita menguasai bidang yang kita sukai๐Ÿ˜€

    semoga rencana kita masing-masing tercapai ya, neng! amiin๐Ÿ˜€

  2. Aaahhhhh!! Supergrass!!! Suka lagunya! Jiayoou buat smitten+popo. Kayaknya emang harus dibuat deadline kayak yg kalian bikin, kalo nggak nanti tiba2 udah sekian tahun lewat dan gak ngapa2in. Untuk langkah yg nerbitin buku, gak usah tunggu 10 taun kan smit๐Ÿ™‚ mulai dari hal kecil, mulai dari sekarang! Kamu pastiiii bisa!

  3. @ nadZ: iya bener nadz.. kadangkadang jadi dilematis gitu pengen melakukan sesuatu yang kita mau, tapi akhirnya terjebak zona nyaman. kalo gw kadangkadang ujungnya berpulang ke penghasilan juga sih, terus jadi maju mundur lagi kalo udah gitu.. aaaaaaargh. dimana ada kemauan pasti ada jalan ya neng.. SEMANGAT!!!

    @ andied: terima kasih sayaaaang.. kamu juga SEMANGAAAAAT!

    @ Katrin: amiiiiiiin.. Gimana neeeng, persiapannya? Gw belom mampirmampir ke blog lo lagii.. Hihihi.. Maaaf… saya berangkat sekarang!๐Ÿ˜›

Leave a Reply

