.1999-2003.

Standard

Benar bahwa masa SMA adalah salah satu masa paling indah dalam hidup kita. Tapi kalau disuruh milih mendingan balik ke jaman SMA atau kuliah, ternyata gw lebih milih balik ke jaman kuliah deh.

Bukan masalah tementemennya, secara baik tementemen SMA maupun tementemen kuliah masih berteman baiiiiikkk banget sampe sekarang. Tapi dinamikanya, senengsenengnya, sedihsedihnya….. menurut gw masa kuliah memberikan gw berbagai macam pengalaman yang sedikit banyak merubah hidup gw.

Meskipun duaduanya menyenangkan, tapi ada perbedaan mendasar yang terjadi dalam diri gw semasa kuliah. Saat ini, gw bisa melihat bahwa masa kuliah itu adalah masamasa paling tenang gw secara emosional. Gw menjadi orang yang lebih ringan menghadapi hidup, tidak depresif sama sekali (ini prestasi lohh, terutama mengingat gw ketika SMP sampe tengah masa SMA..😛 ), lebih nurut sama keluarga, lebih banyak mikir – tapi gak banyak ngeluh, lebih banyak belajar baik secara akademis atau non-akademis (seumur idup kayanya baru pada periode ini gw belajar secara akademis😛 ), lebih banyak puas dengan pencapaianpencapaian pribadi, lebih stress dari jaman SMA – iya, tapi juga gw lebih sering tertawa. Baik itu tertawa sama orang lain maupun menertawakan diri sendiri.

Pada jaman gw kuliah, salah satu keputusan terbaik yang gw lakukan adalahhhhh….. gak punya pacar. Huwahahaahaha.. Maap, maap nih..😛 Abisnya kalo sekarang diingetinget itu memori jaman kuliah gw yang indahindah itu terjadi saat gw udah jomblo gembira. Hueheh.

(Jadi buat yang masih kuliah dan jomblo, gak usah menyemenye sekarang karena nantinya lo akan inget masa itu sebagai salah satu masa terindah dalam hidup lo..😛 )

Nah makanya di jaman itu gw bisa ngapain aja gak mikir. Udah gitu, kalo diliat lagi sekarang, gw jadi bisa fokus dengan diri gw sendiri. Gw bisa  lebih memaksimalkan waktu sama orangorang terdekat yang lain. Dan ketika gw mau melakukan suatu pembuktianpembuktian, motifnya lebih jelas, yaitu untuk pencapaian diri sendiri – jadi gak bias.

Pada jaman kul itu, gw sama tementemen gw bisa melanglang buana ke mana aja, nyaris kapan aja. Di satu sisi nikmat banget karena tanggung jawabnya belum terlalu besar, cuma lulus doang. Di sisi lain gw juga sangat menikmati dinamika gw sebagai mahasiswa – yang harus begadang dan bisa gak tidur selama beberapa malam berturutturut karena tugastugas segambreng, yang mesti dilema mau cabut kuliah apa enggak ketika semua tementemen pergi nonton premiere film paling hip saat itu – sementara berbarengan sama jam kuliah yang kita suka banget.. Hehehe..

Banyaaaaak banget pengalaman dan kenangan maniiiiis jaman kuliah. Meski ada halhal yang bikin mengernyit juga siih. Tapi kayanya gak mau ngerubah satu pun, cuma pengen ngerasain lagi aja semuanya…..

Bazaar. Dudukduduk di kantin tawatiwi. Dudukduduk di koridor kelas. Nginepnginep ngerjain tugas. Nginepnginep ulang taunan. Jadi groupies yang keluyuran di acaraacara musik, jejogedan sambil jeritjerit. Ke perpus sambil sok belajar padahal pose. Ke perpus buat belajar beneran. Janjian nonton ramerame. Penelitian di molmol (yang membuat orang mikir kita kru Spontan.. huahaha.. Enaknya jadi anak Psiko kan tugastugasnya juga Psiko..😛 ). Bandung. Presentasi. Ujian (seumurumur gw kuliah, kayanya cuma kuliah gw nyaris gak pernah nyontek – ya iyalah essay semua). Mie Ayam + Teh Botol. Soto Ayam + Pepsi Twist. Burger + Coca Cola. Mainmain begobegoan di gang sebelah kantin. Curhatcurhat tangistangisan, juga di gang sebelah kantin. Nyanyinyanyi dan gitargitaran. Gebetan begobegoan. Dateng kucelkucel. Dateng udah ngeblow. Dateng kepagian terus berusaha tidur di kantin. Dateng kesiangan larilari sampe bengek di kelas. Suratsuratan sama tementemen tercintah. Patungan masingmasing lima ribuan buat yang ulang tahun. Pestapesta kejutan. Girls day out. Girls night out. Nonton Piala Dunia ramerame di senat. Nonton teater. Bodohbodohan. Marahmarahan. Celacelaan…. dan semuanya, dan banyak lagi.

Tak kan terganti.

Banget.

Huhuhuhuhuhu…. Jadi tambah kangen.🙂

Pengeeeeen banget mengulang semuanya dan tidak merubah satu detik pun dari semua itu. Tidak juga merubah sedikit pun dari hubungan pertemanan gw dan Dalsen – yang cuma kadangkadang berada dalam satu scene, itu pun selalu ramerame dalam saatsaat main begobegoan atau pestapesta ulang tahunan. Hehehe.. Pokoknya tidak merubah masa lalu.

Karena masa lalu adalah yang menjadikan kita hari ini. Dan kita hari ini adalah hal terbaik yang terjadi dalam hidup kita saat ini.

🙂

Jadi, masa lalu mana yang kalian pengen ulang kembali?

6 responses »

  1. setelah baca ini malah jd inget masa2 kuliah gue dan bilang : iya ya, gue jd kangen juga ama masa2 kuliah gue hehehe
    btw gang samping kantin skrg udah almarhum smita, udah ditutup buat segala macam entuk tongkrong menongkrong hehe ;D

  2. BOK….Gue udah nulis panjang2 tiba2 error gituh dan semua tulisannya keapus..mungkin ini pertanda gak boleh ribet dan komentar panjang2. ini blog orang, bukan ajang curhat.

    Just wanna say i miss you and i miss psycho 99. masa yang selalu pengen gue ulang kembali. dengan ngrayain ultah barengan dan yang ultahnya deketan digabung-gabung. buka cottage di putri duyung ato ke puncak dan nginep di vila temen. banci foto dengan tempat yang serupa tapi tak sama (pizza HUT kemang, Pizza HUT tebet, Pizza HUT Blok M, Tamani Kafe, kafenya Gina) muka kucel tapi ceria. Nomat. titip absen. tuker-tukeran catetan.rumpi.sorak-sorak waktu acara antar angkatan psikologi (basket, bola..).punya keluarga baru secara harus nginep 6 bulan bersama.

    Masa pendewasaan dimana kita jujur kalo gak suka sama orang, tapi juga cuek kalo orang tersebut masih ikutan acara rame-rame. Yang penting kumpul.

    btw, baru nyadar kalo foto wisuda yang didalem gedung (pake HP donk secara gak boleh bawa masuk kamera) kita duduk be3an sama Towa.Gak terganti emang masa-masa itu.
    thanks for sharing.

  3. 1999-2003 juga, tapi tanpa menganggurkan skripsi selama 4 semester, biar bisa lulus 2003-2004, bukan 2006, huahaha…

  4. @ iin: hwuaaaaaaaaa.. gang Goa Maria itu dulunya tempat mencurahkan segala kebodohan, iiinnn… terus banyak juga permainanpermainan tolol yang ditemukan di situ.. manteepp banget deh.. fotofoto jugaa.. huwaaaa.. jadi tambah kangenn..😛

    @ Liny: i miss you banget Liiiiiiinn.. i miss you dan cubitcubit kecil di kelingkiiiiiing.. hihihihhi..😛 ih kita kan ultahnya bareng ngerayainnya, di Carita sama di Allson yah Liiinnn.. lucu bangettt tuuhhh.. aku rinduuuu… gw juga inget Lin, gw sama lo nunggu yudisium bareng. terus kita wisuda bareng. senang yaaaaah… masih ada bgt fotofotonya..😛 Benerbener tak terganti yah.. p.s: gw seneng kok dapet komen panjangpanjang berisi..😛

    @ F.X.M.E.Putra: Salah satu penemu mainanmainan tolol di gang Goa Maria.. Hihihi… Kita dulu sering berada dalam satu scene walopun cuma beberapa kali doang yang kebetulan cuma berdua ya, Malen? Tapi sampe sekarang masih gak inget pernah sekelas apa ajaa… Kamu itu salah satu temen baik aku tauk, waktu kuliah..😛 Dan kita suka ngobrol tentang lagulagu yang kita kebetulan samasama suka gituh.. Kocak yah? Mari tidak merubah apapun ah, soalnya aku bangga pacaran sama mantan ketua senat.. hihihi.. Dan lagian kalo kamu gak wisuda saat itu, kita ga punya foto bareng sebelom jadian. Huehehehe… :-*

  5. @ iin : YANG BENER LOE GUA SAMPING KANTIN UDAH GAK ADA? huhuhuhuuuuu, disitu banyak banget memorinyaaaaaaaaaaaa….
    @ smitten : aku….padamu nih smit. (ngefans beraaatttt)

  6. @nditry: iya yahhh.. gw inget tuh di gang sebelah kantin itu, kalo lagi ada yang curhat bertangistangisan di situ, kalo tibatiba ada yang mo mampir buat ngerokok apa nongkrong di situ, kita cukup beri pelototan maha lebar dan dia langsung gak jadi di situ.. hihihihihi… hwaaaaaaaaaaaa.. *makin edan kangennya* btw, apaan ituuu ngefans berat ngefans berat? kan aku ngefans juga sama kamu sejak boendelkata.. hihihihi..😛 *peluk dulu ah!* cup!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s