.apresiasi.

Standard

Akhir hari ini lagi asikasik ngobrolngobrol, tibatiba bos gw dateng dan menyebabkan kepanikan sesaat. Huehehe.. Secara jarangjarang dese turun gunung dan nyamperin gw, karena ruangan dia jauh dari kubikel gw. Ternyata LEBIH PANIK lagi karena tujuan dia nyamperin gw adalah untuk……… appraisal!!!!

Gila. Gw serasa di-sidak. Padahal gw pikir masih akhir bulan. Taunya karena dia mo cuti jadinya dicepetin. Huhu.

Maka mulailah ribet kita dengan sistem penilaian online kantor. Gw mulai self evaluation, mulai ngasih tau tanggung jawab gw apaan aja selama setahun terakhir, terus kelar itu,Β kirim dokumennya ke dia, dia evaluasi kerjaan gw… dan, voila! Dapet nilai.

Cukup senang dengan hasil yang gw dapet. Bukan cukup deng, seneng bangettttt malah, karena gw sendiri menilai gw gak begitu cangcing di kerjaan ini. Jadi pas self evaluation gw pun memberi nilai standardstandard aja, gak pede juga.

Tapi barangkali emang mesti diperbaiki mentalnya. Coba, berapa dari kita yang enggak pernah terlalu berani memberi nilai tinggi untuk dirinya sendiri? Jaman gw masih jadi associate assessor, dulu pernah ngasih kertas sama para karyawan yang dinilai, untuk diisi halhal positif dan negatif mengenai dirinya sendiri. Itu tuh kebanyakan orang (termasuk gw) cenderung lebih mudah mengisi halhal negatif tentang dirinya ketimbang yang positif.

Terus kadangkadang saking gak pedenya kalo ada orang yang mengapresiasi diri kita, lebih daripada kita mengapresiasi diri kita sendiri, terus jadi kagum sendiri atau malah kadangkadang ada yang gak percaya dan merendah. Padahal, kata orang, penilai yang terbaik memang bukan dari diri sendiri.

Karena itu, yuks, belajar menghargai diri sendiri. Kalo orang lain aja bisa menghargai dan menilai kita baik, kenapa kita harus selalu begitu keras terhadap diri sendiri? Kalo kadangkadang doang, masih boleh deh.. Tapi jangan selalu..πŸ˜›

Balik ke topik. Dengan penilaian itu, maka resmi pada awal bulan depan gw akan pindah ke divisi lain. Biasanya gw tidak bagus dalam menangani ‘perpisahan’, tapi kali ini gw seneng bisa cabut dari kerjaan gw yang sekarang – karenaaaaa….. gitu deh.

Semoga gw bisa lebih baik lagi di kerjaan yang baru..πŸ™‚

Selamat akhir minggu yah!

Leave a Reply

