.bloggie.

Standard

Udah lama ini gw ingin menulis tentang blog tapi gak tau darimana mulainya. Terima kasiiiih, Sandyy.. sekarang akhirnya gw bisa tinggal jawab doang sambil ongkangongkang kaki gak pake mikir.. Hihihihi..😛

Sejak kapan nge-blog?

Pertama kali gw membuat jurnal di Internet itu sekitar tahun 2001. Waktu itu gw gak tau namanya blog, soalnya waktu itu seinget gw namanya OpenDiary. Yah, setidaknya itulah nama tempat gw nulisnulis. Setelah websitenya tutup dan menghilang, gw gak nulisnulis lagi sampe lama.

Di awal taun 2006, Mel mulai meracuni gw nge-blog, dan gw akhirnya punya blog di Friendster. Taun 2007, gw akhirnya hijrah ke WordPress hasil himbauan dari ‘Mbak’ Miund.😛

Tujuan nge-blog?

Awalnya banget, pas taun 2001 itu, tujuannya curhat, mak. HAHAHAHA.. Sedang ditimpa masalah klasik (menurut lo apa?😛 ) dan butuh pandangan orang lain di luar temen-temen gw. Waktu itu gw mikirnya dengan curhat di Internet, orang yang baca gak kenal sama gw dan gw bisa cerita sampe detil-detil yang gak diketahui temen-temen gw yang lain.

Sedangkan tujuan gw blogging ketika 2006, 2007 dan seterusnya itu… ape ye.. cuma nyari katarsis sih. Sama mendokumentasikan ceritacerita idup gw seharihari, dari yang hepihepi sampe yang marahmarah.

Ada yang pernah nanya, kalo gitu kenapa gak cuma di Word doang, terus di-save? Gak tau kenapa gak gitu. Barangkali alasannya cuma sesimpel, karena kalo nyimpen di Internet, kemungkinan dokumennya ilang karena komputer crash jadi kecil.

Pingin jadi seleb-blog?

Seleb-blog itu apa siiih? Hahaha.. Setau gw, pada awalnya, kebanyakan orang yang nge-blog gak kepengen jadi seleb-blog, karena kebanyakan nulis buat konsumsi sendiri dan/atau konsumsi terbatas. Kalo ternyata blognya menarik dan dibaca banyak orang dan akhirnya dia dinobatkan sebagai seleb, ya itu mah rejekinya dia. Meskipun emang ada yang dari awal udah sok ngetop – malah bikin males.😛

Kalo gw, karena emang mencari penyaluran, gw juga menulis untuk diri sendiri dan kalangan terbatas. Meskipun kadangkadang ada saatnya gw menulis dan berharap postingan yang itu dibaca sama orang yang gw maksud siih.

Kadangkadang juga berbagi cerita tentang halhal menarik, luculucu, sebelsebel atau pemikiranpemikiran. Kalau garagara itu ada yang sepaham dan jadi baca, ya bersyukur banget. Kalau garagara tulismenulis ini terus ketemu tementemen yang SANGATSANGAT menyenangkan, ya bersyukuuuuur bangetbangetan.😀

Memaintain teman-teman blog?

Bagi gw, tementemen blog itu seperti dipertemukan oleh takdir. Tsaaaah! Ya iya loooh, masa dari jutaan blog di dunia maya ini bisa nyasar ke blog kita, apa bukan takdir namanya? Hehehe. Dan, ya, gw sebisa mungkin mencoba menjaga hubungan baik sama tementemen blog gw. Karena kita udah saling tau cerita idup masingmasing, jadi udah kaya temen deket.😀

Terus apa bedanya sama FB?

Bedaaaaaa banget. Kesenangannya beda. Jadi buat gw duaduanya samasama adiktif.😛

Sering ikut kopdar? Atau ikut komunitas?

“Kopdaaaaaar.”😛 Gw baru dua kali ketemuketemuan sama tementemen blog. Duaduanya kayanya karena pengen tau apakah kalo di dunia nyata kita tetap senyambung di dunia maya apa enggak. Hihihihi.. Duaduanya degdegan. Seumur hidup gw belom pernah blind date, tapi kayanya kopdar rasanya miripmirip deh. HAHAHAHAHA.

Kalo komunitas enggak yah. Karena merasa lebih efektif ketemu kelompok kecil kali yah, bisa ngobrol sama semuanya..

Kendala nge-blog?

Kalo enggak ada Internet padahal lagi pengen nulisnulis. Hwaaahaha. Stress deh.

Perihal dikomentari/comment?

Jujur yah, senenglah kalo dikomen. Seneng banget malah. Artinya kan ada yang baca dan perhatian ama gw. Hihihi. Makanya gw sebisa mungkin selalu bales komenkomen dari tementemen yang di sini. Kalopun ada yang ngasih komen nyebelin, gw juga enggak selalu bales dengan nada nyolot. Soalnya, untuk kadar tertentu (seperti humor yang gak pas, misalnya), gw masih punya toleransi mikir bahwa, eh dia udah ngeluangin waktu loh untuk baca cerita gw, masa gw mo ngomelngomel.

Tapi sini juga gak selalu angelic sih.. Kaya waktu kapan itu tibatiba ada yang NYANTUMIN NOMER TELEPON DI SINI DAN NYARI CEWEK, aku pun bisa berubah judes. Emang sini kontak jodoh??? Apalagi kalo ada yang NYOLOT nyelanyela gw, heloh, gw bales kalii.. Gak kenal kok gak tau manner.

Kalo masalah memberi komen, gw gak selalu memberi komen meskipun gw baca cukup banyak blogblog orang. Alasannya macemmacem. Seperti (1) gak semua cerita perlu dikomenin – ada halhal yang penulisnya mungkin cuma cerita doang gak butuh komen, (2) pengen komeeeeen tapi belom kenal.. saya kan pemalu..😛 , (3) biasanya kalo baca blog, gw azas kopipes ke word, terus kadangkadang UDAH KEBURU NGAKAK sampe pengen pipis duluan, terus lupa balik ke blog aslinya untuk komen (sering terjadi saat baca blognya perempuan senteng yang satu ini), dan alasanalasan lainnya. Hehehe.

Hal yang paling disebelin dari nge-blog?

Kalo ada yang komplen pas kebetulan gw lagi banyak posting tulisan yang “gak universal” sama kalo ada yang mesen gw untuk bikin tulisan tentang topik tertentu. Huhuhuuu.. salah satu fungsi blog ini kan sebagai media curhat gw juga. Sini bersedia kok bikin tulisan pesenan yang universal kalo dibayar. Huehehehe. Blog ini kan gratisan..😛

Hal yang paling disukai dari nge-blog?

Merubah hidup! Beneran deh. Gw ketemu banyaaaak sekali orangorang yang menyenangkan lewat blog – ya, kamu termasuk! Haha.

Gw dulunya adalah orang yang cenderung untuk memilih memelihara teman yang sudah ada, dan cenderung gak terlalu mencari teman. Tementemen gw, kebanyakan, adalah orangorang yang sama yang udah temenan belasan tahun. Pokoknya comfort zone abis. Dan dulu gw tuh gak banget deeeh, yang namanya ketemu orang yang gw gak kenalkenal banget.

Sejak ada blog, gw berani punya tementemen baru. Gw lebih welcome sama orang baru. Gw mau aja ketemuan sama orangorang yang sebelomnya gw hanya tau ceritanya doang dan belom pernah ketemu secara fisik (meskipun tetep degdegan😛 ). And, why not? They’re all amazing people. Terus, kayanya gw juga lebih mampu mencoba empati sama pikiran dan perasaan orang lain. Ihiiiy.. *kali loh..😛 *

Pernah dapat kejutan?

Pernaaaah! Salah satu teman blogku yang manis dan nun jauh di sana pernah tibatiba ingin mengirimkan kado natal buatkuwww.. Sampe terharu gw denger perjuangannya.. Hehehe. Terus, pernah juga ada neng yang manis yang ingin mengirimkan aku cupcake karena tau gw doyaaaaan dan terpukau dengan cupcake. Huhuhuhu.. Terima kasih yaaaah buat semua itikad baiknya..😀 *pelukpeluk*

===========================

Jadi, demikianlah mengenai bloggiebloggie. Senang akhirnya bisa cerita tentang semua ini di sini. Dan, mudahmudahan gak ada yang salah ngomong yah..😀

18 responses »

  1. Pertamaaxxx!! *gampar*
    NYANTUMIN NOMER TELEPON DI SINI DAN NYARI CEWEK >>> seriuuuss??? bwahahahhahaha..
    Btw, aku juga suka berteman dengan kamuu. Takdir memang mempertemukan kita, untung dia tidak kejam ya Smit. *inget Desy Ratnasari*

  2. Tulisan loe manis banget sih… Kayanya lagi bersayap ya Neng, bukan bertanduk, bwwwahaha….hahahaha……😀

    Gw seneng bisa kenal walau baru lewat blog doang, dan masih selalu menikmati cerita2 seru loe kalo mampir sini.

  3. hualow salam kenal…
    hasil dari blogwalking dan rekomendasi temen nih, jadi “nyasar” kesini deh…
    pengen komentar mengenai seleb-blog, akhir2 ini banyak deh orang2 yang (ikutan) ngeblog gara2 kepancing dengan angan2, “sapa tau tar dijadiin buku dan bisa terkenal”. ih ga banget! abis itu blognya mandeg tengah jalan…nah loh! bukan blogger murni juga kan…hihi…
    btw, boleh loh mampir2 ke blog gue…ditunggu yah!😀

  4. @ nuxandy: aku juga senaaaaaang.. *plak!* hihihihi..😛 Takdir memang tidak selalu kejam, San, asal jangan sampe Tenda Biru ajah.. haihaihiahia..

    @ Teppy: aku juga senaaaaaaanggg.. dan untuk pertanyaanmu, jawabannya: IYA LO SESENTENG ITU.. mwaaahahahaaa..

    @ Ibeth: oh, aku memang selalu manis.. hihihi.. *hwoek*. aku juga senaaaaang baca blogmuu.. hihihi… moga suatu hari nanti kita bisa ketemuan yah..😛

    @ timo: halooow.. salam kenal juga. makasih udah mampir dan komen. makasih juga buat temennya yang udah bikin situ nyasar. hihihi.. mungkin pada awalnya emang yang namanya menulis itu mesti tulus bukan dengan motivasimotivasi terselubung kalik.. hihi. kalo kita kan hobi, yang mana kalo orang lain tertarik terus dibaca (apalagi sampe dibikin buku), itu itungannya rejeki… hihihi.. amiiiin aja deh yuks..😉

    @ bubba: holaaaaaaa… lama tak bersua… hihihi. moga ini menjelaskan juga kenapa gw jarang komen, salah satunya di blog situ, walopun gw mampirmampir. hihihi.. kenapa namanya petite poppies? hmmm.. seperti gw tulis di About Me gw, PoppieS itu diambil dari salah satu lagu Slank yang gw suka banget, judulnya Poppies Lane Memory. Nah Poppies Lane itu nama jalan di Bali yang mayan seru dijelajahjelajahi. Terus jaman kecil, gw suka baca buku anakanak yang ada menggambarkan bunga Poppy yang kayanya dalam bayangan gw beledubeledu gitu. Ya udah, jadi aja “Poppies”. Tadinya mo Poppies doang, tapi udah ada yang make. Jadi karena (saat itu) gw tuh kecil, dicarilah yang rhymingnya enak saat disebutkan.. maka jadilah PetitePoppieS.🙂

  5. one of my fave writer😉
    gue ngebayangin baca tulisan elo sambil menyesap secangkir earl grey, terus ngunyah sweet jivara choc cake dikit dikit di sebuah teras berbukit hijau dengan bunga bunga yang lagi bermekaran. diiringin lagunya mocca atau club8 boleh lah😀 kenyataannya : lebih banyak di meja kantor atau malah ngadep tembok di rumah hahahaha. keep on writing poppies🙂

  6. blog itu memang “channel ajaib” ya…bisa menjalin hubungan dengan teman-teman baru dan menyenangkan. gue baca blog lo juga sebenernya udah lama, pop…tapi baru akhir-akhir ini berani “memperkenalkan diri” dan meninggalkan jejak, soalnya agak pemalu dan takut malu-maluin, hahahahahah… selalu menyenangkan baca tulisan lo🙂

  7. saya dulunya lebih memilih buat jadi silent reader saja. tapi akhirnya gak tahan dan sering nyela-nyela juga:mrgreen:
    maapin saya, kalau ada komen saya yang mungkin agak nyolot😀

  8. @ grace: waaaaaawww… terima kasih banyak Graceeee, untuk kalimat pertama dan terakhirnya.. hiiikshiksss.. makasiih! dan deskripsi lo itu SUNGGUH damaiii ya boooks.. gw suka banget theme blog multiplynya.. update dong.. *atau karena gw belom contact lo ya, jadi ga bisa bacabaca banyak?🙂

    @ nadZ: terima kasih banget nadZ udah mau baca selama ini dan pada akhirnya komen.. iya emang gw juga suka kalo lagi baca blog baru suka minder mau komen, padahal kalo gak kenalkenal gimana bisa jadi temenan yah.. eh tapi skarang kita udah temenan ya bookk.. hihihi…

    @ itikkecil: hahahaha neeeeng, gw mah gak segitu mudahnya untuk menyebutkan sebuah komen itu nyolot, kecuali kalo berasa gangguuuu banget. dan karena kita masih sepaham, gw gak pernah merasa disolotin kok sama situ.. hihihi.. i luv ur blog juga loooh…😉 dan senang karena melihatmu di-review di majalah..🙂

  9. @ PoppieS: neeeeng, kalo dari yang gue baca, kok kayaknya semuanya malu2 gitu yah awalnya untuk komen di blog yang baru mereka temuin.
    Sumpah gue jadi minder, karena gue kan pede abis sok ikrib jaya. Takutnya yang gue komenin jadi malassss -_-
    Eh tau gitu gue pertemukan juga elo nanti sama nadZ! Dunia blogging ini menyenangkan sekali yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!😉

  10. Tepski sayang, ini adalah komen pertama lo di blog gw, waktu itu gw membahas soal DVD dan CD bajakan.

    TePPy The Josephines
    thejosephines.blogdrive.com
    Submitted on 2008/04/06 at 2:58am
    Karena:

    1. DVD original harganya agak kurang manusiawi (walopun mungkin sekarang udah ada yang harganya lebih murah), jadi wajar banget kalo kita beralih ke DVD bajakan yang kualitasnya bagus dan harganya murah itu.

    2. “Banyak temennya” = Maksudnya yang beli DVD bajakan kayaknya sejuta umat juga, jadi yah biasa aja rasanya.

    3. Kalo CD gue juga kadang-kadang ngerasa bersalah gara-gara di tipi kan banyak tuh penyanyi-penyanyi yang campaign jangan beli album bajakan, dll… Jadi agak sedikit terindoktrinasi gimana gitu.

    4. Dan bagaimanapun membeli DVD bajakan itu rasanya jauh lebih keren daripada CD bajakan, entah mengapa, huehehe…

    *Ok, I start rambling here. Semoga poinnya tersampaikan ya.*

    Anyhoo, nice blog! Atau caur lebih tepatnya, hehe… Seneng bisa tambah tau vocab-vocab ajaib dari blog ini, hehe… We’ll be stopping by more often!

    ….. dan ada perbedaan yang sangaaaaaaaaat besar antara ‘bersahabat’ dan ‘sok ikrib jaya’. Kamu tentunya yang pertama! *cup*

  11. ih temennya banyakan elo. *ngambek*

    BWAHAHHAHAHAHAHA..

    ps: komen gak penting gini kan yang buat lo pengen ngegampar yang ngomen. :))

  12. hihihi jadi pengen bikin beginian juga. pdhl dulu pas mulai-mulai ngeblog, banyak loh orang yang menganggap sebelah mata ttg blog, dipikirnya ga guna cuma buat nyeritain masalah dan cerita sendiri eeh skrg aj blog udah kaya kacang goreng, semua org punya! ngomong-ngomong, ayo neng pop, bikin buku hasil karya puisi atau cerita-ceritanya😀

  13. @ PoppieS: aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaku terharuuuuuuuuu! hihihihi… makasih ya neneng sayaaaang! ternyata itu komen udah setaun ya bok! senang ternyata bisa bertahan sepanjang ini pertemanan blogging dan dunia nyatanya, hehehe… CUPS!!!

  14. Ahahaha, bener juga tuh, kadang baca2 blog, mau komen suka bingung takut kesannya sok akrab padahal baru kenal😛 Tapi ada blog2 tertentu yang gaya tulisannya bersahabat sehingga bikin yang baca jadi terpikat untuk meninggalkan jejak, hi3😀

  15. ahieheiheie. maaps, pada dasarnya gue emang banci pemalas yg perlu digetok, jadi yah mply dan segala jenis social networking itu jarang bener diapdettt, banyakan blogwalking dan baca baca aja jadinyah😛

Leave a Reply

