.selamat hari Kartini, cantiks!.

Standard

Sekian tahun yang lalu, waktu SMP, di hari ini, pas disuruh pake baju daerah, gw sama sahabat gw si Almira pake baju Dayak.😛 Dengan dua pertimbangan: (1) baju Jawa standard banget, kita kan banci tampil deh, out of the box, (2) baju Dayak itu kaya rok pendek, jadi enggak seperti cewekcewek lain yang mesti ribet jalan mindikmindik, gw sama Miea masih bisa gagah perkasa jalanjalan, (3) Gak pake lengan pula, jadi ademmmmm.

Kenapa pada jaman sekolah itu Hari Kartini identik dengan baju nasional? Terus, itu kan harinya cewek, kenapa cowok juga disuruh pake baju nasional?

(Karena SETARA, bodoh!).

Oh. Okay.😛

Tapi yah, lucu juga pada jaman itu. Lagian soalnya gak ada pelajaran kayanya. Atau ada tapi cuma sampe jam istirahat pertama doang abis itu bebas. Tapi pasti absurd yah, kalo pas belajar gitu, ada yang pake beskap, ada yang pake Baju Bodo lengkap dengan bandonya yang bikin orang belakangnya gak bisa ngeliat papan tulis, ada yang pake baju Betawi. Hehehe.. Gw rasa itu salah satu hal paling keren tentang Indonesia deh. Di negara lain ada gak ya budaya kaya gitu?

Enihooooo….. samarsamar di otak gw, gw jadi inget, kayanya waktu gw lebih keciiiiiil lagi dari waktu jaman SMP, nampaknya nyokap gw pernah mendandani gw cukup ekstrim waktu hari Kartini (atau bukan yah? Pokoknya saatsaat harus pake baju daerah deh..).

FYI, nyokap gw itu emang orangnya radarada kreatif dalam beberapa hal. Kadangkadang dia beli besek  (kotak dari anyaman gitu) dan digunakannya untuk membungkus kado, alihalih kertas atau kotak kado biasa. Naaaah yaaaa, karena dia suka kreatif gitu, maka diaplikasikanlah hal itu ke anakanaknya…..

Sehingga pada suatu saat di masa lalu itu, ketika ada LOMBA BAJU DAERAH, alihalih pake baju Jawa pada umumnya, gw pun didandani menjadiiiiiiiii…………………………….

Tukang Jamu.

Tu-kang Ja-mu.

Yak, mari. Emak gw punya anak Tukang Jamu.

(Ulang terus sampe tiga kali).

Buat yang gak dapet visualnya, bayangin aja anak kecil pake kain, pake kebaya kecil yang bukan kebaya brokat tapi kebaya kain gitu, terus rambutnya disanggul DI ATAS KEPALA, dan ada kain yang melintang dari bahu kanan hingga pinggang kiri yang gunanya untuk memikul BAKUL kecil berisi ‘jamu’ (jamunya berupa minumanminuman lucu seperti Vita Charm, Jus buah apalah, gitugitu).

Terus, sebelum naik panggung, emak gw insisted gw untuk bilang : “Jamu, jamuuu..” di atas panggung. Oh Mama.. Dan gw terpaksa nurut daripada pas turun panggung diomelin, tapi suara gw keciiiiil banget. Yang penting dia liat gw buka mulut.😛

Tapi, di situlah filosofi bersakitsakit dahulu, bersenangsenang kemudian itu bisa diaplikasikan. Karena di antara lautan anakanak yang emaknya memakaikan mereka baju daerah yang begitubegitu aja, tentu saja gw yang menang. HAHAHAHAHAHAHA… Uhuy. Untung saja.

Dan untung saja nyokap gw gak lagilagi mendandani gw anehaneh, sehingga karir gw sebagai Tukang Jamu berakhir di situ. Hahahaha..

Hohoho.

Demikianlah sekilas balik mengenai hari Kartini di masa lalu. Semoga hari ini, perempuanperempuan semakin menghargai dirinya sendiri dan semakin dihargai..

Selamat hari Kartini, Ladies!

7 responses »

  1. hahaha, kok nyokap gw gak se-kreatif itu yaa… pantes gw gak pernah menang🙂
    kalo gw mah paling seneng pake baju bodo. sarungnya gak sempit kayak baju jawa, jadi bisa lari-larian. hehehe

    selamat hari Kartini juga!!!

  2. Astaghfirullah, tukang jamu? Huahuahua
    Btw gw jadi inget jaman SD disuruh ikut lomba nyanyi Garuda Pancasila gw nangis di panggung. Ternyata hasrat banci tampil gue blom terasah waktu itu. Hahhaha

  3. HUAKAKAKAKAKAKKAKAKAKAKAKAKAKAKKAKKAAK… Gue sukses NGN pas baca bagian tukang jamu. Memang kadang kreativitas ibunda memberikan tekanan cukup berat pada ananda, hihihi…

    Neng, gue dulu kayaknya sempet pake baju dayak pas Kartinian, didandanin emak, tapi terus terang pas gue pake tuh baju Dayak gue berasa nilai jual gue lebih tinggi dibanding dengan teman2 cewek yang lain untuk dilirik oleh yang cowok2, soalnya kan baju gue tanpa lengan = kulit keliatan = merasa seksi, haihahahahahahha…

    dari kecil gue udah ga beres kayaknya…

  4. @ muTia: he eh niiih, nyokap gueeee.. hehehe.. btw, gw justruuuuuuuuu paling pengen pake baju Bodo. Lucu kayanya. Tapi belom pernahhh.. hehehe..

    @ nuxandy: lagu andalan gw bernyanyi depan umum jaman dulu mah Satu Nusa Satu Bangsa bokk.. cepeeet.. hihihihi…

    @ desty: eiiiitz… jangan salah, para tukang jamu itu adalah para perempuan tangguh looohh dan khasiatnya nasional..

    @ Tepski: EMBEEEEEEEEEEEERRRR… kita keren sendiri di antara lautan cewekcewek berbaju nasional standard. Tapi tetep, pas itu nyokap gw mendandani gw dengan KEPANG DUA. Jadi gw malah kaya anak Indian. huehehehe..

    @ Ibeth: hihihihihi jangan ngiri dong neeeeeeeng, kan skarang pastinya sering kebayaan..😛

  5. gyah. nyokap gua mah jauh dari kreatip. waktu sd dulu, yang laen pake BAJU DAERAH, gua pake kemeja ama jeans😦 udahnya gua ga boleh baris bareng temen2, dipisahin sendiri, kali ga SETARA ya bok🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s