.atas nama gengsi.

Standard

Tadi pagi, pas baca koran melihat ada iklan Dark Berry Mocha Frappe. Aaaarrgh, langsung mupeng. Pengen. Sementara lagi ingin gitu, gw jadi inget kayanya di blognya Mas Bodat pernah ada tulisan yang bilang kalo kita mengurangi halhal seperti kopikopi dan teh botol gitu, kita bisa mengurangi pengeluaran sampe sekian persen.

Lebih jauh dari itu, gw jadi mikir lagi deh.. Meskipun gw sendiri juga melakukannya sih..😛 Tapi kenapa ya kita merasa perlu kopikopi di kedai koffie mahil? Padahal mah ya, kali kalo tuh kedainya gak yang semahal itu, barangkali ada yang lebih murah dan sama, atau bahkan lebih, enaknya. Yah, memang sih kalo kopikopi begini gw gak bisa bikin sendiri juga makanya gw tetep melakukannya juga.😛

Pemikiran ini pun berlanjut ke macemmacem hal. Sebenernya karena gw berkaca ke diri sendiri karena daku belakangan ini mayan konsumtif.😛 Kenapa kita merasa perlu makan di luar rumah? Ya iya sih lebih enak… beli suasana pula… Tapi di rumahku juga enaaaaaak beneeer masakannya. Ya tapi tetep ajah berasa lebih bahagia kalo makan di luar. Hiks. Padahal kan yang perlu dipuaskan itu PERUT, bukan lidah atau indera pencernaan lain (seperti mata, kalo restorannya di mol.. bisa sambil window shopping, yang kemudiannya menggoda untuk pulang bawa tentengan.. AAARGH!).

Nah, masalah bawa tentengan itu juga. Kadangkadang juga bisa loh ada orang yang merasa harus beli karena liat packagingnya bagus, terus dia pengen aja gitu jalanjalan di mol sambil bawabawa tentengannya. Ingat Becky Bloomwood dari Shopaholic Saga..? Nah. Jangan salah, emangnya itu cuma rekaan..? Banyak juga yang kaya gitu loh.

Oh, dan di Jakarta itu KONON memang konsumerismenya lebih parah daripada dimanamana. Di koran aja udah dua kali gw baca bahwa  gadgets dengan harga tinggi justru laku keras di Jakarta. Barangkali ini juga yang bikin temanku yang saat ini udah hidup bertahuntahun jauh di negara adidaya mengaku agak jiper kalo harus pulang ke Jakarta. Karena dia takut nanti harus berhubungan dengan halhal ‘gak penting’ yang gak pernah ditemuinya di sana, seperti keharusan-ganti-model-HP-tiap-berapa-kurun-waktu-tertentu-hanya-supaya-gak-keliatan-(apaan-tau-terserah-isi-sendiri).

Intinya banyak deh orangorang yang memiliki perilaku konsumerisme cuma untuk pose. Hanya demi gengsi. Gw juga gitu sih kadangkadang. Hihihihi.. Jadi yaaaaa…

Yahhhh, intinyaaaaa…. uhm, apa ya.. Barangkali ya kita perlu mengembalikan semua hal pada fungsinya lagi. Yah kalo kadangkadang kali  gak apaapa. Selama sesuai kantong juga terserah. Tapi kalo akhirnya harus memaksakan demi sesuatu yang mengatasnamakan gengsi, demi sebuah gaya hidup, yaaaa… sebisa mungkin direm kali yaaa. Selain biar disiplin menabung, juga biar gak tongpes di tengah bulan. Hihihi.

Demikian ya jeng PoppieS, semoga nasihat dari dan untuk diri sendiri ini bisa diserap dengan baik.

*sambil tetep bayangin yang enakenak.. dan luculucu.. huhuhu*

6 responses »

  1. nasihat yang bermanfaat jeung Poppies….
    soalnya saya sendiri juga gampang tergoda hanya karena melihat bungkus barang yang bagus, padahal barangnya gak perlu-perlu amat…

  2. aaawwwwwwww….
    **megangin pipi, berasa ditampar….**

    booowww, ini kan jumat yak, dimana masanya jajan2 lucu gituuuhhh, postingmuh menohok sekaliiiiiii **pegangin dompet kenceng2**

  3. Kalo gw makan di luar mah bukan karena gengsi, tapi karena tuntutan sebagai anak rantau. Kalau ya emak gw di sini, gw bakal makan di rumah terus. Jadi kangen nyokap.😦

  4. hehehehe…tersindir akuu…tersindir abisssssshhhh…..tapi sini sih emang pada dasarnya demen makanan yang enak2 dan lucu2, dan emang di rumah gak ada makanan enak *alesaaaaannn*….

    Gengsi sih dipertahanin kalo untuk2 sikon tertentu…tapi tetep yaaa..kalo disini yang penting RASA ENAK SESAAT yang dipentingin…jadi kalo makanannya enak, bajunya bagus dan flattering kalo di pake, mo makan di restoran amigos (agak minggir got sedikit) atau belanja di two mangoes, ah…marriii….sama aja kalapnya🙂

    baitewai nenggg……kalo masalah frapucino cino an itu, bukan sekedar mahal yaaa….inget2 tu kaloriii…apa kabar…mwahaahah….bisa bikin pacaran sama treadmill 2 jam ajah loh segelas…..*melambai2kan kain kebaya pink cantik di depan mata*…..gak asik ya temen kayak gue ya smittt…:P

  5. @ itik kecil: ini sebenernya nasihatnya buat gw sendiri cuma kalo ada temen senasib, wah artinya gw masih normal.. hihihihi.. gw juga GAMPANG banget tergoda packaging bok.. atau tas belanjaannya.. haduuuh. gak penting deh.. help!😛

    @ Ibeth: ini gw juga lagi pegangin dompet kencengkenceng iniiiiiiiihh……. *sambil tangan kanan memukul tangan kiri yang pengen buka dompet*

    @ nuxandy: booooook, situ mah bikin iriii… inepinep di hotel dari sponsor. dan makanmakan enak karena emang tuntutan pekerjaan.. hiiikssss… jelas aja lo jadi kangen makanan nyokap lo karena lo kebalik. kalo kita bosen makanan rumah, maunya keluar. kalo looooo.. sering dapet traktiran di luarrr makanya kangen makanan rumah.. hihihihii…

    @ Miss Lemontea: hahahahahaaaaa… nachaaaaaaaaann… kadangkadang boleh koookkk beli suasana dan rasa enak sesaat. tentang kalori… YA YA AMPUUUNN IBUU…. pokoknya lo ke sini gw daftar gym deh.. hahahaha…

  6. You are what you wear…
    You are what you eat…
    You are what you drink…
    You are what you smoke…
    You are where you hang out…
    Function versus image…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s