.27.

Standard

Sudah sering sekali saya mendengar bahwa “di umur 27 akan terjadi suatu titik balik di mana kita akan mengambil keputusan yang berpengaruh dalam hidup kita. Katakata itu biasanya terus disambung dengan kenyataan di mana Jimi Hendrix, Janis Joplin, Kurt Cobain, Jim Morrison meninggal di usia 27 atau mendekati.

Gw sudah mendengar tentang hal ini berkalikali. Tidak hanya dari teman, tidak hanya dari membaca, tidak hanya dari pengalaman orang lain. Begitu kerapnya sampe gw berpikir mungkin emang bener bahwa di umur 27 pada umumnya orang akan membuat keputusan besar.

Entah gagasan siapa itu pada awalnya, tapi bagi gw mungkin make sense yah. Sebab di usia segini kita setidaknya (mungkin) diharapkan untuk tau akan jadi apa, mo ngapain dan sebagainya. Mungkin juga diharapkan udah menjadi lebih dekat dengan ideal life kita selama ini. Jadi, mungkin bener pada saat ini, banyak orang yang membuat keputusan besar – atau malah banting setir, untuk mengejar kebahagiaannya.

As for me, salah satu keputusan terberani gw, gw ambil beberapa saat sebelum gw umur 27.

Setelah mutermuter dan melakukan halhal yang gak gw banget, setelah menyadari bahwa gw masih punya suicidal thoughts di sekitar umur 26 (ini adalah usia yang GAK normal lagi kayanya untuk punya pikiran seperti itu, it’s sooooo last DECADE, literally..), akhirnya gw memutuskan untuk menyepi, keluar dari comfort zone, dan mengambil keputusan yang mayan gila (dan mayan berisiko, kalo diinget sekarang) – yang mengantar gw ke jalan gw saat ini. Ke titik ini.

Keputusan itu mempengaruhi banget usia gw sekarang. Dan sangat mempengaruhi terjadinya pengambilan keputusan lain yang life-changing pada tahun ini.

Barangkali, ketika kita berhasil melewati usia tersebut, itu seperti melewati milestones berikutnya dalam hidup kita. Mungkin milestone awalnya adalah 13, terus 17, terus 22, terus 24… terus 27. Gak tau, mungkin semua orang bedabeda…

Yang jelas konon 27 itu angka yang krusial. Karena kita udah tau mau ke mana, dan kita lebih berani menentukan jalan kita. Kita udah dianggap dewasa (karena memang) dan udah bisa bertanggung jawab dan semestinya udah bisa kapabel berdiri di atas kaki kita sendiri.

So.

27.

Seseorang yang signifikan dalam hidup saya berhasil melewati usia itu hari ini. Tanpa banyak kericuhan. Without any efforts of killing himself. Tenangtenang saja dan stabilstabil saja, meski banyak ups-and-downs.

Dan ada jutaan orang berusia 27++ di dunia ini, jadi gw pikir semestinya bukan stigma si 27 itu yang membuatnya jadi berat dan menakutkan, tapi bagaimana kita melihatnya sebagai challenge yang kalau itu berhasil kita lewati, akan memperkaya hidup kita. Ya kan?

Karena bagaimana pun ini semua adalah proses. Semoga lancar dalam menjalaninya. Buat yang belum dan menjelang 27, jangan di over dramatisasi yah..

Sementara, buat yang sudah 27 atau lewat, bener gak sih teori tentang keputusan besar ini? Kalo mau di-share di sini tentang apa yang terjadi pada saat dirimu berumur 27, pasti menyenangkan…😀

Terima kasih ya!

6 responses »

  1. benerrr benerrrr.
    nanti kena lagi di umur 29, tenang aja nek.
    umur 27 gue keluar dari comfort zone dan luncat ke industri lain setelah first attempt jadi tkw gagal. duh duh, seru tuh hidup mulai umur2 segitu..😀

  2. haha, 27 my fave number. diinget inget lagi sih waktu itu memang ada keputusan cukup besar ttg relationship yang bikin jungkir balik, kesana atau kesini. dan mungkin mirip kayak elo, it shapes the way i am now.
    but i finally found my peace exactly after 30, entah kenapa segala angin ribut dan kegundahan perlahan lahan jadi reda. dan gue jadi merenungkan kata kata temen gue : before 30 kita berpikir maunya apa, after 30 kita berpikir maunya gimana.😉

  3. ihihi, gua merit umur 27 lho. keputusannya pun dibuat diumur segitu. jadi bener juga ya kalo dibilang umur 27 itu menentukan banyak hal🙂 here i am now🙂

  4. iya, 27. dulu gue takut sama angka 25. ternyata biasa aja.
    trus 27 badai besarrrr, turning point. bikin gue parno sama 30. yah kenapa 30 karena kelipatan 5 aja gitu. yah walopun 30 suit, gak sepenting 27 deh kayaknya…

    berarti kelipatan 9 ya, apa 3? gimana nih ada ahli numerologi? *ngawurawurawur*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s