.butuh nasihat finansial nih…..

Standard

Beberapa waktu lalu saya dihubungin sama Card Center bank tempat saya naro duit. Katanya karena catatannya bagus, dapet komplimen kartu kredit.

Nah saya tuh orangnya udah cukup senang dengan kartu debit, karena bisa ngontrol pengeluaran. Belanja gak pake ngutang. Karena gak pengen ngutang.

Tibatiba kartu kreditnya dikirim dan nyampe deh di tangan saya. Terus katanya, kalo ga mau gak usah dikonfirmasi. Kalo mau, dikonfirmasi. Nah sampe skarang gw masih bingung mo konfirmasi apa enggak, secara butuhbutuh gak butuh juga sebenernya.

Kalo kata temen gw, mendingan konfirmasi. Karena nantinya butuh kalo buat emergency, tapi jangan ngutang. Kalo emang kepake, bulan depannya bayar full biar ga kena bunga. Tapi kalo kata kakak gw, jangan sejanganjangannya nanti jadi kena utang.

Secara diriku ini gak berpengalaman banget soal ini – dan masih pengen hidup nyaman tanpa hutang kartu kridit, kalo misalnya ada yang mau membantu, mohon masukannya yah… Apakah sebaiknya gw konfirmasi? Kalo bisa plus minusnya juga.

Makasih banyak looooooohh…

10 responses »

  1. saran gw sih konfirmasi aja tapi dipake kalo kepepet aja (kalo ada diskon tuh kepepet ga ya? hehe). Yang pasti saat tagihan dateng ya harus dibayar full, jangan pernah nunggak atau cuma bayar minimum aja karena salah2 kita bisa terbelit hutang..

    selamat menikmati CC baruuu..πŸ™‚

    *mampir*

  2. Mm..

    Kalau menurut gua, tanya dulu dhe ke diri sendiri, apakah kamu termasuk tipe yang bisa nahan diri kalau ngeliat tanda ‘diskon’ atau ‘sale’ atau yang sejenisnya, ahahaha..

    Kalau tipe yang ga bisa nahan diri, maka mending jangan goda diri dengan memiliki kartu kredit daripada gajian bablas cm buat bayar tagihan kartu kredit aja :p

  3. gw punya kartu kredit cuma sebagai alat buat kalo pas travelling trus mo nginep2 dimana gitu gw ada pegangan aja..jadi ya jarang banget dipake. Dan udah beberapa bulan belakangan ini, those telesales credit card people nelpon2 melulu nawarin kartu kredit..duuuhh

  4. dikonfirm aja deh Smit … buat jaga-jaga aja …
    siapa tau bener butuh, tapi elo gak ada duit
    bayarnya bisa bulan berikutnya .. full … biar gak kena bunga

  5. Setuju sama Indah. Soalnya kalo gak pinter nahan diri, bakalan repot…

    Even elu bisa bayar full setiap bulan pun, sama aja bo’ong kalau sebelumnya elu belanja pol2an, yang ada tiap abis gajian, tuh gaji, yuk da da, babai…

    Tapi kalau beneran bisa disiplin, misalnya ditinggal aja di rumah dan bener2 di keep buat emergency, ya boleh aja lah… cuman 1 kan.

  6. bukannya udah aktif deh walopun belom dikonfirm. tapi ga tau deh, beda bank beda policy sih.

    kalo gue bilang sih sebaiknya lo musti punya kartu kredit deh, buat emergency. apalagi kalo lo sampe ke luar negeri segala kan? kalo ada apa apa bisa dipake buat jaga jaga. sebuah penyedia jasa kartu kredit malah sanggup mengganti kartu ilang 1×24 jam dimana aja diseluruh dunia.

    cuman ya, jangan sampe kepake aja tu kartu. bunganya gede bangeeet. gue udah pernah posting tentang ini deh, coba aja baca bacaπŸ˜€

  7. sebagai temen baek (iya gituh?) i’ll say, no!
    iya sih kalo dirunut nanti bakal perlu kalo ke luar negeri ato diskon2 menggiurkan dimana2 itu, emang sih keliatannya bakal PERLU.
    tapi sebenernya, udah2nya bakal lebih banyak nyusahin daripada nyenenginnya. believe me, been there done thatπŸ™‚

  8. sebaiknya jangannnnnnnnnnnn,
    kenapa? karena credit card itu lintah darat no.1 banget, walo berbagai tawaran diberikan, diskon sana diskon sini, beri ini, beri itu, gratis ini, gratis itu.
    tapi….disaat kita telaaaaat 1 hari aja, dengan pongahnya mereka memberikan
    bonus “bunga per hari” blum lg ditambah denda keterlambatan dan itu dihitung per kartu, semakin kita diemin…eh bunga semakin melambung dengan perhitungan seenak jidatnya aja, ujung-ujungnya…dia bakal sering banget nelpon kekantor, rumah, cm buat nanyain kapan kita bisa bayar. yah…kita sebagai manusia juga pasti ga akan selalu tepat waktu, buat bayar,
    terakhir gw diemin tagihan kredit kard gw yg semula cm berapa, eh bunganya melambung terus, akhirnya gw pilih lunasin dan menutup rekening credit card itu.

    but…it’s all depends on how u decide.

  9. Temanteman yang baiiiiik, makasiiiiih banyak yah buat masukan dan sarannya. Gw emang butuh banget dari orangorang yang lebih berpengalaman soal ini. Ya udah, semoga apapun keputusannya kelak yang gw lakukan, semoga gak menjadi pengalaman pahit yah….. Again, makasih makasih makasiiiiiiiih banget banget udah ngeluangin waktu untuk komen dan memberi masukan..

    *peluk satusatu*

    *pake cipikapiki dikit*

    mwah!πŸ˜‰

Leave a Reply

