.(one day, I’ll have) inspirational blogs.

Standard

Dulu sekali gw termasuk penikmat PostSecret yang rajin. Setelah membeli buku pertamanya, gw terus secara rutin tiap hari Senin ngeliat rahasiarahasia baru apa yang muncul di websitenya. Tapi lamakelamaan, entah karena gak ada waktu, atau karena terlalu lama loadingnya atau hanya karena males, akhirnya gw gak lagi menjadi pengunjung setianya.

Dari dulu sampe sekarang, seperti juga One Red Paperclip, gw menganggap PostSecret adalah ide yang hebat. Keduanya beda sih, tapi memberi juga spirit yang berbeda.

Dengan OneRedPaperclip, mau gak mau, lo jadi percaya bahwa impossible is nothing. Bahkan suatu gagasan yang PALING absurd sekalipun bisa berhasil – kalo lo sendiri PERCAYA bahwa lo bisa mewujudkannya, meski orang gak yakin lo bisa. Siapa yang bisa percaya bahwa dengan metode semacam barter, yang mulanya cuma dari klip warna merah bisa jadi berrrrrmacammacam sampe akhirnya dapet rumah?

Sementara itu, gagasan PostSecret itu bagi gw mahadahsyat karena bisa menjadi sesuatu hanya dengan meminta orangorang berbagi rahasianya aja, gerakan ini udah bisa menjadikan RIBUAN orang merasa lebih lega karena melepaskan hal yang sudah begitu lama mereka pendam sendirian. Di sisi lain, RIBUAN orang lainnya bisa jadi reflektif terhadap rahasiarahasia orang lain yang mungkin serupa dengan apa yang dialaminya, atau malah bisa belajar lebih bersyukur dengan hidupnya saat ini.

Kedua blog di atas membuat gw mikir bahwa orangorang ini adalah orangorang yang – meskipun pada awalnya mungkin membuat hal itu sebagai project pribadi, tapi pada akhirnya berhasil menginspirasi banyak orang. Dan mungkin, pada suatu titik tertentu, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik karena bisa mempengaruhi atau bahkan merubah pola pikir seseorang menjadi ke arah yang lebih positif.

Belom lama ini gw juga habis mengunjungi blog seorang temen gw, yang dulunya sering mampir sini, dan sekarang udah pindah ‘rumah’. Karena dia merasa blog lamanya dia terlalu terfokus ke dirinya sendiri dan gak bermanfaat bagi orang lain.

Dari situ gw jadi mikir. Blog gw ini manfaatnya banyaaaaaaaak banget buat gw. Kalo gw disuruh menyebutkan apa hal yang paling merubah hidup gw dalam beberapa tahun belakangan ini, gw tanpa raguragu akan menyebut blog gw ini.

Karena, dari kegiatan blogging (baca: nulis isengiseng sebagai catatan harian) ini, gw bisa melepaskan halhal yang nyumpekin kepala gw. Pastinya membuat mental lebih sehat karena gak ada yang kependem. Selain itu, dari blog juga gw menemukan tementemen baru – orangorang hebat, lucu dan menyenangkan yang gak hanya akrab di dunia maya tapi juga kemudiannya menjadi teman di dunia nyata. Dari blog mereka, gw juga bisa menambah wawasan macemmacem dan juga bisa men-challenge otak gw sendiri seandainya mereka mengeluarkan pendapat yang gak sesuai sama gw.

Intinya, blog sangat bermanfaat bagi gw.

Cuma, kalo disuruh ngeliat lagi, apakah blog gw ini bermanfaat bagi orang lain? Hmmmmm….. kok kayanya belum yah? Kayanya gw gak berbagi apaapa gitu sama tementemen yang baca – selain ceritacerita dodol gw, isengiseng, begobegoan, kadang ngomelngomel, ngayalngayal, dan sebagainya. Palingan kalo kebetulan ada yang baca pas postingan tertentu, mungkin jadi ngerti untuk kalo bisa ngambil ATM yang ada banknya, supaya kalo kartunya ketelen, bisa langsung diambil lagi. Atau, kalo naik motor terus mo beli sofa lipet, gimana cara bawanya. Atau, akhirnya jadi tau juga siapa nama belakangnya Yani Libels. Atau, kenapa Circle K walopun 24 jam tapi di pintunya ada lubang kunci.

Sebenernya pada saat nulis ini sendiri juga udah kepikir, ‘ah, kenapa mesti mikirin manfaatnya buat orang – kan yang penting katarsis buat diri sendiri..‘. Emang bener. Emang gw juga enggak merasa salah sih. Hak azasi juga. Cuma mungkin bagi gw, setelah kita puaaaaaas dengan apa yang kita explore dari diri sendiri – mungkin pada satu titik kita akan merasa selesai dan perlu beranjak ke step selanjutnya – yaitu berbuat hal yang lebih berguna buat orangorang di sekeliling kita.

Mungkin loh..😛

Atau mungkin juga, gak perlu merasa selesai dan kemudian mendedikasikan langkah selanjutnya untuk bermanfaat bagi orang lain tok. Tapi bisa aja menjadikan keduanya berjalan paralel kan? Ya bermanfaat buat diri sendiri juga, ya buat orang lain juga.

Apapun itu, mungkin (atau mudahmudahan) suatu hari nanti gw bisa menulis bukan hanya untuk kepuasan diri sendiri juga yah.. Tapi menginspirasi orang lain. Mungkin gak harus yang dahsyat jaya seperti dua blog di atas, tapi setidaknya bermanfaat saja cukuplah.

Until then, atau bahkan ketika langkah selanjutnya itu sudah saya mulai, kayanya saya akan terus menggunakan PetitePoppies ini sebagai katarsis saya. Karena blog ini adalah suatu perwujudan terima kasih saya untuk segalaaaa hal yang terjadi dalam hidup saya.

This, is my tribute to life.

🙂

8 responses »

  1. bermanfaat kok😀. aku tiap hari dateng kesini dan seneng banget kalo nemu posting baru, abis menyenangkan sih bacanya entah kenapa, natural aja😀

    sama dong suka postsecret ;)) hihihi

  2. Eh, gw terinspirasi kok baca2 disini, rasanya menyenangkan, cara cerita loe seru🙂

    Dan kadang gak perlu hal besar…. baca gimana cara loe menghadapi moody-mellow-hellow-yellow-menye-joni, sungguh suatu pembelajaran untukkuh🙂

  3. @ mandhut dan ibeth: beneraaaan? huhuhuhuhu… terima kasih yaaaa… seneng banget deh baca komen kalian.. *peluk* makasih makasih banyaaaak banget..

    @ stalker sejati: aduh mbaaaaaaaaaaaakk nyunyu joniiii…. dirimu sukses bikin aku meyomeyo pagipagi. hiks!

  4. aku terinspirasi bgt lho…
    blum lg aspek hiburannya tinggi…
    keep on writing…
    klo km nulis hal2 sehari2mu, org lain yg jg punya kisah sehari2 merasa bhw hidup mrk yg biasa2 pun layak utk dikenang gitu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s