.kenapa ada orang yang blogging tapi kopipes?.

Standard

Pertanyaan itu sempet tersirat di kepala gw waktu lagi bengongbengong pagi, hari ini. Mungkin awalnya garagara keinget kasusnya Miundsariwati sama Diana yang menghebohkan itu.

Jadi gini ya, blog itu menurut gw adalah media yang menyenangkan. Terutama mungkin bagi para banci tampil yang bawel seperti gw ini. Hehehe. Lewat blog, kita bisa nulis dan cerita apa aja tentang hidup kita, memasukkannya ke Internet, dan dari situ ada kemungkinan bahwa cerita kita akan dibaca oleh banyak orang – dari segala penjuru dunia (kecuali mungkin Pyongyang, karena kata Guy Delisle dalam graphic novelnya, di situ satusatunya tempat di dunia yang belum ada akses Internet). Meski ada juga kemungkinan enggak ada yang baca selain kita sendiri…

Dalam bayangan gw, blog itu adalah outlet seseorang untuk mengekspresikan sesuatu. Bisa buat ceritacerita tentang keseharian lo, bisa juga buat promosi pribadi. Ada juga yang fokusin, misalnya, ke bidangbidang yang dia ahli – seperti tentang komputer atau apalah, pokoknya macemmacem.

Beberapa blogger enggak peduli apakah ada yang baca tulisan dia atau enggak. Mereka gak perduli ada yang komen atau enggak, karena mereka menulis cuma untuk pelepasan doang. Ada juga yang berharap dibaca dan dapet komen, itu pun sah aja. Namanya juga berekspresi.

Eniwey, balik ke jenis blog. Sebenernya gw juga belom pernah berkunjung ke blogblog seperti yang terakhir, yang mengkhususkan diri ke komputer atau hobi lainnya. Gw lebih sering dateng ke blogblog yang nampaknya fungsinya lebih seperti jurnal atau cerita seharihari – meskipun biasanya gw lebih sering menjadi silent reader. Tapi, apapun itu, gw bisa menarik kesimpulan bahwa sebagian besar blog – khususnya yang pribadi – itu dibuat berdasarkan minat individu itu sendiri. Logikanya aja, kalo emang itu blog pribadi tapi mengkhususkan diri tentang komputer, artinya dia juga cukup jago dan minat tentang komputer. Sementara untuk blog yang seperti jurnal pribadi, ya….. dia punya sesuatu aja yang diceritakan tentang hidupnya. Jadi intinya, blog itu ya kebanyakan berkaitan dengan DIRI SI PENULIS ITU SENDIRI.

Makanya gw gak ngerti kenapa ada orang yang blogging tapi banyak copy-paste. Gw juga suka kopipes, tapi itu lagu – dan lagu itu gw cantumin siapa penyanyinya, dan kalo gw mengkopipes suatu lagu, itu PASTI ada hubungannya dengan apa yang gw rasain saat itu.

Nah, yang gw gak ngerti adalah orangorang yang mengkopipes tulisantulisan dari blog orang lain, terus karena  tidak mencantumkan dari mana tulisan itu diambil, kesannya seolaholah mengakungaku bahwa itu tulisan dia sendiri. Lebih parah lagi kalo tulisan yang diambil itu bukan yang dalam bentuk ‘teoriteori’ (dodol maupun tidak), tapi malah yang cerita kehidupan seharihari – sekali lagi tanpa mencantumkan dari mana sumber tulisan itu – sehingga seolaholah mengesankan itu terjadi di kehidupan dia sendiri.

Ada apa ya dengan orangorang seperti ini? Apa mereka segitu TOLOLNYA sampe gak bisa mengerti etika? Segitu TOLOLNYA sampe gak tau bahwa halhal kaya gitu itu sama aja dengan pencurian ide? Segitu TOLOLNYA sampe gak tau bahwa hal yang menurut mereka mungkin harmless, tapi sebenernya itu JAHAT? Segitu BANCI TAMPILnya sehingga merasa perlu merauk traffic? Segitu TOLOLNYA secara harafiah sehingga merasa perlu kopipes dari blogblog yang ‘lebih bunyi’ supaya terlihat lebih pintar? Atau malah punya kehidupan yang SEGITU TIDAK MENARIKNYA sehingga harus mengadopsi cerita hidup orang lain?????

Gw sih enggak bermaksud apaapa dalam membuat tulisan ini selain karena murni pengen tau motivasi orangorang itu. Gak bermaksud menuduh apalagi menyudutkan siapasiapa. Sekedar mikir dan merenung aja.

Yang jelas, kalo menurut gw, kalo sampe ada yang masuk kategori terakhir, itu mah namanya asli orang yang gak bersyukur. Udah dikasih hidup sendiri kok masih ngakuin punya orang lain? Itu namanya merendahkan diri sendiri.

Dan seharusnya sih malu karena udah bikin kesel orang yang gak lo kenal.

Jadi, buat orangorang yang suka kopipes, come on, wake up! Sekarang saatnya mensyukuri apa yang lo miliki. Jangan lagi mengadopsi dan ngakuin hidup yang bukan milik lo. Hargai orang lain. Jangan jadi orang jahat. Yang penting jujur sama diri sendiri dan bersyukur sama apa yang lo miliki. Dengan begitu lo juga gak ngerecokin hidup orang yang (tadinya) bahkan gak tau lo hidup.

Setiap orang itu adalah pendongeng yang baik tentang hidupnya masingmasing. Kalo lo kopipes sebagai upaya untuk terlihat menarik, ketika ketahuan, lo jadi TIDAK menarik sama sekali. Atau malah beneran jadi menarik….. untuk dicerca orang.

Maka, berceritalah tentang apa saja. Kebodohan, pencapaian, kesedihan, kemarahan, suka cita, semuanya yang terjadi dalam hidupmu.

Karena hidup itu indah, hanya kalau kita memilih untuk melihatnya begitu.

5 responses »

  1. Kopipes ah…

    .kenapa ada orang yang blogging tapi kopipes?.July 26, 2008 at 7:10 pm · Filed under bukubuku, ingetinget, isengiseng, mikirmikir, sukasukaku, temanteman

    Pertanyaan itu sempet tersirat di kepala gw waktu lagi bengongbengong pagi, hari ini. Mungkin awalnya garagara keinget kasusnya Miundsariwati sama Diana yang menghebohkan itu.

    Jadi gini ya, blog itu menurut gw adalah media yang menyenangkan. Terutama mungkin bagi para banci tampil yang bawel seperti gw ini. Hehehe. Lewat blog, kita bisa nulis dan cerita apa aja tentang hidup kita, memasukkannya ke Internet, dan dari situ ada kemungkinan bahwa cerita kita akan dibaca oleh banyak orang – dari segala penjuru dunia (kecuali mungkin Pyongyang, karena kata Guy Delisle dalam graphic novelnya, di situ satusatunya tempat di dunia yang belum ada akses Internet). Meski ada juga kemungkinan enggak ada yang baca selain kita sendiri…

    Dalam bayangan gw, blog itu adalah outlet seseorang untuk mengekspresikan sesuatu. Bisa buat ceritacerita tentang keseharian lo, bisa juga buat promosi pribadi. Ada juga yang fokusin, misalnya, ke bidangbidang yang dia ahli – seperti tentang komputer atau apalah, pokoknya macemmacem.

    Beberapa blogger enggak peduli apakah ada yang baca tulisan dia atau enggak. Mereka gak perduli ada yang komen atau enggak, karena mereka menulis cuma untuk pelepasan doang. Ada juga yang berharap dibaca dan dapet komen, itu pun sah aja. Namanya juga berekspresi.

    Eniwey, balik ke jenis blog. Sebenernya gw juga belom pernah berkunjung ke blogblog seperti yang terakhir, yang mengkhususkan diri ke komputer atau hobi lainnya. Gw lebih sering dateng ke blogblog yang nampaknya fungsinya lebih seperti jurnal atau cerita seharihari – meskipun biasanya gw lebih sering menjadi silent reader. Tapi, apapun itu, gw bisa menarik kesimpulan bahwa sebagian besar blog – khususnya yang pribadi – itu dibuat berdasarkan minat individu itu sendiri. Logikanya aja, kalo emang itu blog pribadi tapi mengkhususkan diri tentang komputer, artinya dia juga cukup jago dan minat tentang komputer. Sementara untuk blog yang seperti jurnal pribadi, ya….. dia punya sesuatu aja yang diceritakan tentang hidupnya. Jadi intinya, blog itu ya kebanyakan berkaitan dengan DIRI SI PENULIS ITU SENDIRI.

    Makanya gw gak ngerti kenapa ada orang yang blogging tapi banyak copy-paste. Gw juga suka kopipes, tapi itu lagu – dan lagu itu gw cantumin siapa penyanyinya, dan kalo gw mengkopipes suatu lagu, itu PASTI ada hubungannya dengan apa yang gw rasain saat itu.

    Nah, yang gw gak ngerti adalah orangorang yang mengkopipes tulisantulisan dari blog orang lain, terus karena tidak mencantumkan dari mana tulisan itu diambil, kesannya seolaholah mengakungaku bahwa itu tulisan dia sendiri. Lebih parah lagi kalo tulisan yang diambil itu bukan yang dalam bentuk ‘teoriteori’ (dodol maupun tidak), tapi malah yang cerita kehidupan seharihari – sekali lagi tanpa mencantumkan dari mana sumber tulisan itu – sehingga seolaholah mengesankan itu terjadi di kehidupan dia sendiri.

    Ada apa ya dengan orangorang seperti ini? Apa mereka segitu TOLOLNYA sampe gak bisa mengerti etika? Segitu TOLOLNYA sampe gak tau bahwa halhal kaya gitu itu sama aja dengan pencurian ide? Segitu TOLOLNYA sampe gak tau bahwa hal yang menurut mereka mungkin harmless, tapi sebenernya itu JAHAT? Segitu BANCI TAMPILnya sehingga merasa perlu merauk traffic? Segitu TOLOLNYA secara harafiah sehingga merasa perlu kopipes dari blogblog yang ‘lebih bunyi’ supaya terlihat lebih pintar? Atau malah punya kehidupan yang SEGITU TIDAK MENARIKNYA sehingga harus mengadopsi cerita hidup orang lain?????

    Gw sih enggak bermaksud apaapa dalam membuat tulisan ini selain karena murni pengen tau motivasi orangorang itu. Gak bermaksud menuduh apalagi menyudutkan siapasiapa. Sekedar mikir dan merenung aja.

    Yang jelas, kalo menurut gw, kalo sampe ada yang masuk kategori terakhir, itu mah namanya asli orang yang gak bersyukur. Udah dikasih hidup sendiri kok masih ngakuin punya orang lain? Itu namanya merendahkan diri sendiri.

    Dan seharusnya sih malu karena udah bikin kesel orang yang gak lo kenal.

    Jadi, buat orangorang yang suka kopipes, come on, wake up! Sekarang saatnya mensyukuri apa yang lo miliki. Jangan lagi mengadopsi dan ngakuin hidup yang bukan milik lo. Hargai orang lain. Jangan jadi orang jahat. Yang penting jujur sama diri sendiri dan bersyukur sama apa yang lo miliki. Dengan begitu lo juga gak ngerecokin hidup orang yang (tadinya) bahkan gak tau lo hidup.

    Setiap orang itu adalah pendongeng yang baik tentang hidupnya masingmasing. Kalo lo kopipes sebagai upaya untuk terlihat menarik, ketika ketahuan, lo jadi TIDAK menarik sama sekali. Atau malah beneran jadi menarik….. untuk dicerca orang.

    Maka, berceritalah tentang apa saja. Kebodohan, pencapaian, kesedihan, kemarahan, suka cita, semuanya yang terjadi dalam hidupmu.

    Karena hidup itu indah, hanya kalau kita memilih untuk melihatnya begitu.

  2. mungkin karena hasrat banci tampil yg sudah diubun-ubun, namun apa daya kaki dipasung sama oranguanya, membuat kasus kopipes yg anda tulis di atas merajalela. HAHAHHAHAHAA..

    Kesian emang tuh anak.

Leave a Reply

