.bangganya bertumbuh di tahun 90an.

Standard

Sebelum membaca tulisan ini, PENTING untuk menyimak tulisan di blog teman saya yang satu ini. Karena, postingan kali ini akan membahas beberapa hal yang ditulis di situ.

Udah?

HWKAHAKHAKKHAKHAHKAHKAHK.. ANCUR BANGET YAAAAAH! Nah, dalam kesempatan ini, gw akan membahas beberapa hal yang JAYA ketika itu – tapi kalo diingetinget lagi berasa GAK PENTING ABIS. Karena beberapa hal pernah saya bahas di tulisan yang ini, maka kali ini ngebahas yang perluperlu aja (anjroott.. emang ‘perlu’ gitu, Smet!?).

Meski gak berurutan dan mungkin ada yang gw tambahin sendiri (yang tidak dicetak miring), mari kita mulai dengan CetakCetok Tutup Gatorade. Yuk, mari.

CetakCetok Tutup Gatorade

Ini SUMPAH gak penting abisabisaaaaan. Jadi ya, jaman itu tuh Gatorade itu minuman baru. Yang entah kenapa booming banget. Padahal mah menurut gw dari segi kemasan masih mendingan Colanya Ninja Turtles jauh… Nah, tutup Gatorade sialan itu sering digunakan oleh anakanak SMP dan SMA yang tengiltengil untuk dimainin. Cara mainnya gak mutu juga, yaitu dengan cara ngedorong bagian tengah tutup botol ke atas atau ke bawah sehingga bunyi “CTAK.. CTOK..” Kadangkadang saking gak pentingnya, ada aja gitu orangorang yang BERUSAHA bikin bunyinya itu nyaring abisabisan dan kalo udah berhasil, dibunyiin di sebelah kuping temennya.

Biasanya efek yang dirasakan korban adalah PENGENG abis kupingnya dan perasaan ingin nampol yang tiada tara.

Potongan Rambut Skin Dalem

Ini sempet keren abis karena kayanya rebel gimanaaa gitu. Sebagai seorang cewek jadijadian, ada masanya gw KEPENGEN juga bikin skin dalem garaga PENGEN NGIKUTIN DENADA. HWKAHKAHKAHKAHKHAK.. dan juga karena diracunin oleh kakak gw yang nampaknya senang menjerumuskan adiknya ke penampilanpenampilan yang akan disesali di masa mendatang. Untung aja pas itu kadar kewarasan gw masih mampu menyetop keinginan itu, jadi sekarang gw gak malulah. Tapi, meskipun saya gak masuk dalam barisan skin dalem, gw termasuk dalam jajaran anakanak tengil yang…..

Mengecat rambutnya dengan SPIDOL PAINT

OhemJih. Itu sebenernya spidol untuk gambar atau apalah. Ceklah di toko buku. Hingga kini masih eksis. Spidolspidol Paint yang tak berdosa itu dulunya memiliki peran ganda dan mereka pernah cukup digemari untuk bikin streaks di rambut anakanak tengil – karena menimbulkan efek (berasa) keren instan dan bisa ilang kalo keramas.

Dulu yah, warna kesukaan gw adalah Pink DAN Ungu. Jadi BAYANGKAN anak kecil tengil jalanjalan di sekolahan dengan beberapa helai rambut berwarna seperti itu. Untungnya sih gw bukan satusatunya. Cuma, mungkin gw satusatunya yang pas dimarahin sama Suster sekolahan terus malah ngejawab :

Kenapa sih? Ini kan kepala, kepala saya. Rambut, rambut saya. Mo diapain, terserah saya dong! Kecuali kalo saya ngecatngecat di kepala orang lain.

Yah. Semua orang punya masa kegelapan masingmasing. Gw aja kalo inget itu rasanya pengen ngernyiiitttt biar ilang kenangannya..😛

Mainmain Keong yang Bisa Narik Gerobak dari Kotak Korek Api

Kalau tiga yang di atas itu terjadi jaman gw SMP, yang ini terjadi jaman gw SD. Keongkeong yang malang itu dijual di abangabang dan biasanya dikerumunin anakanak SD karena abangnya jago banget bikin kita terpana dengan kenyataan si keong itu bisa narik gerobak dari kotak korek api itu DAN balapan lagih.

Satu hal yang menurut gw PALING GAK JELAS dalam mainan keong ini adalah… kenapa setiap si keong mau dijalanin dan diperlombakan, si pemilik keong MERASA PERLU untuk mengangkat keong ke dekat mulutnya, kemudian membalik cangkang keong di depan mulutnya dan “HAH!!” menyembur keong tersebut dengan nafasnya… HAhakahkahkahkahka!!! Sungguh gak makna! Emang sih abis itu keongnya keluar. Kebauan kalik. HAIAHIAHIHAIHAIHAHIA…

Tapi ya, konon kabarnya ada yang pernah pas lagi “HAH!” gitu, terus bibirnya DICAPIT aja gitu sama keongnya!!!!!! HWIAHIAHIAHIHIAIHA..

Mainan Kutu Loncat

Mainan ini sederhana banget. Cuma berbentuk plastik cembung bulat warnanya macemmacem. Nah, dia dinamakan kutu loncat karena kita mesti ngedorong bagian cembungnya, terus nempelin dia di bidang datar, terus…. tuiiinggg! Mainan ini bakalan melenting ke atas dan kayanya kalo punya kita lebih tinggi dari lawan kita, kita menang. Sederhana kan?

Tidak. Ternyata tidak sesederhana itu guna mainan kutu loncat. Karena jaman dulu anakanak belom terkontaminasi PlayStation dan karenanya masih AMAT kreatif, maka ada kegunaan lain dari kutu loncat itu. Ia bisa digunakan untuk main TOMPELTOMPELAN. Caranya mudah, cukup tempelkan kutu loncat di pipi/dagu/jidat kamu dan bersenangsenanglah. Meski setelah itu lo akan memiliki CAP BULETAN yang lumayan tahan lama di wajah lo – dan membuat lo KOCAK dan ANEH abis saat berada di ruang kelas. HAIHAHAHIAIHAHIAI….

Yg cewek juga maen org2an dari kertas, yang bisa diganti2 bajunya (dari kertas juga) yg dijual di abang2.

Bok. Ini mainan POL banget. Gw bisa anteng berjamjam demi mainan ini. Kadangkadang kepalanya udah lemes, letoy atau bahkan udah lepas dan disambung lagi pake selotip. Pokoknya gak kalah seru sama main Barbie..!

Berusaha keras nelp biar bisa ikutan kuis JARI JARI (baca: jareee jareeeeee)

Enggak. Kalo gw mah doyanannya Kring Kring Olala..

“Apa kabar duniaaaaaaaaa..???”

“Teuteeeuppp asyiiikkk”

Jajanan Anak Mas, Coklat Ayam, Permen Karet Yosan, Gulali Merah Ijo

Abisabisan. Tapi yang paling fenomenal adalah gulali merah ijo – bisa dibentuk sepeda atau burung. Prriiiitttt… ditiup ama abangnya, terus dia bilang.. “Nih neng udah bunyi..” terus si pembeli dengan gembiranya main sempritsempritan di lobang yang sama yang udah dites sama abangnya. Gross!

Meski gw gak pernah beli yang sempritan itu, gw biasanya tetep dimarahin kalo beli gulali itu. Karena yang gw beli yang bentuk sepeda, dan abangnya membentuk sepeda itu dengan jarijemarinya TANPA sarung tangan atau plastik. Kalo abis itu dia bersin, lap aja di celananya abis itu bentuk lagi.. Eeeww… HAIHAIHAIHIAIHA.. Jadilah gw gak boleh jajan itu.

Tapi karena menurut gw gulali itu enak banget akhirnya gw tetep beli dengan cara minta abangnya muntirmuntir gula merah dan ijonya pake lidi dan dijadiin lolipop. Jadinya enggak kena tangan ataupun mulut abangnya. Kelar.

Abis gitu, chupa cup aja kalah. HAIAHIAHHAI.. *gak juga sih!*

Nonton kartun Remi, Lika Liku Laki-Laki, Gara-Gara, pake kacamata 3 Dimensi

Kalimat “apa LWAgi, Juminten?” jadi ngetop abis demikian juga Dunkin Donuts yang senantiasa ngiklan di filem Gara Gara. Duh….

Bibit sinetron baru2 aje muncul, kaya ABAD 21, BELLA VISTA, NOKTAH MERAH PERKAWINAN, (inilah cikal bakal penghancur bangsa,,wekekekek)

Embersen abiiiiiiiissss… Jaman Vira Yuniar rambutnya masih rindang di Abad 21. Gw gak terlalu doyan Bella Vista.

Tapi SEMUA ORANG pasti tau kalimat PENTING antara Ambarwati dan Mas Pri yang satu ini :

“PUAS MAS TAMPAR SAYA!??!?! TAMPARRR LAGI!!! TAMPAAAAARR LAGIIIIIH!!!!”

Sontrek : Noktah merah perkawinan telah menghancurkan mahligai cintaaaa… dan jugaaaa.. buwah hatiiiiiiii.. kiiiiiii..taaaaaaaaaaaa…. *jerit senyaring mungkin* 

OhemJih. Gimaneee KDRT kagak marak dengan adanya kalimat semacam ini? Mana Yulinar gosong kebakar aja gitu! Huhuhuhu…

kalimat “E GE PE” (emang gue pikirin…!! ….yaa ga usa dipikirin), Sering ngomong “TAU AAAH, GELAAAAP”..(hahaha, memang jaman kegelapan tuh 90an), Dapet salam dari EKO…(eko siapa??)..EEEE, KOOK LOYOOO!!!!.. .(hahahahaha), Ngikutin kata-kata iklan “SAYA MAU YANG PALIING ENAAAAK”, Iklan juga ” AAAAHH, TEORRRRIII”, Godain mbak2 penjaga tol dengan ngomong “XON-C nya MANAAAA????”

Bok. Untuk itu semua gw gak bisa komen selain HWKAHKAHKAHKAHKAHKHAKHAKHKHAKHAKHKAHKHAKHAKHKHAK.. ANCUR!!!!

Sering ngomong “DI, DI, YUK MAEN BOLA LAGI “..(hahahah, gue bertanya2, yg jadi ADI sang EPILEPSI tuh sapeee yeee?? Ada yg tauuu??)

Gw sih gak tau apa yang terjadi sama si Adi. TAPIIIIII… gw KENAL temennya si Adi yang KESELEK ITU LOH!! HAKAHKAHKAHKHAK.. Dia temen les gw aja gitu jaman SMP. Dan pada jaman itu, kalo dia mo nanya sama guru orangorang langsung niruin CARA KESELEKNYA yang remarkable itu.

HAAKAHAKHAKAHKAHK.. Just shoot me now!!!!

Nyanyiin lagu BU SAID keras dan semangat di skolaan (tau dooonk,,,”di siniii rumah bu saaiiiid (**L)..bu saiiid jualan blangkon (**L)..wakakakakak)

DAN… selain bu Said ini, Tante Tuti toweltowel Tukang Tahu juga lumayan berjaya.

=================

Aduh. Ancuuurrrr… Gw nulis ini gak berentiberenti ngikik sendiri loh. Udahan aja deh. Lagian ngomongin ini mah ENGGAK ADA abisnya gitu booookkk… Selalu lucu dan lucu dan LUNCUUUUUUKKK BANGETTT!!

Ancur bangettt.. HAIHAIHAIHAHIA… Mel, makasih yaaa udah bikin gw ngakak mulu garagara ini! Dan gw seneng lo dah dipertemukan pula sama penulisnya! Kita ketemuan aja gimana sama dia untuk ngebahas lebih luas lagi masamasa itu? HAKAHKAHKAHKA..

Haduh. Lemes.

Akhir kata, senang juga menjadi ABG 90-an.. Hihihhi… Siapa yang merasa senasib, ayo sini, TOSSSSSS sama saya!!!! HWAHAHAHAHAHAHAH…

25 responses »

  1. Jajanan Anak Mas, Coklat Ayam, Permen Karet Yosan, Gulali Merah Ijo >>>>> pantesan ga bertumbuh dgn benar…hhhhhhh

    tapi yg paling yahudd itu si kutu loncat & kacamata 3D nya lili lalaaaaaa…wakakakak..teteeeppp ancurrrrrr

  2. Wakakak.. kocak yaa.. aneh bin midun emang ternyata kelakuan kita jaman jebot kala ituh…
    Dan cetak-cetok tutup gatorade, cat rambut spidol paint, kutu loncat orang-orangan kertas, cokelat ayam jago, mie anak mas (mamie), en soon soon itu iya bangetthhhhh

  3. Kampreeeeettt!! HKAHKAHKAHKHAKHA

    Yg paling nampol ya Smit, adalah CIKAL BAKAL SINETRON PERUSAK BANGSA ITU! Gw inget banget Ayu Azhari ama Berliana Febrianti ya? Yang kebakar itu. Haihaihaihai… POLL!!

  4. koreksi dikit: ngecat rambutnya itu hanya beberapa helai di bagian poni doang. dan ya. dan ya. dan ya. dulu mama ai, saking suport-nya dengan gairah remaja gue, pernah beliin satu botol (kayak hairspray gitu), yang adalah… cat rambut yang bisa diilangin hanya dengan keramas! bwahahahaha… dan dengan jumawanya gue ke pensi dengan rambut warna biru, yang mana tiba2 hujan turun dan… luntur! bwahahahhaahha…

    eh, smit, dapet salam dari maria mercedes, anaknya pak kades!

  5. @ Brian : sianjing knapa pake nama BRIAN siiih??!!! Kagak pantes antara nama dan WAJAH. HWAHKAHKAHHAKKA.. Btw, kacamata Garagara itu emang lumayan ANCUR ya bokk.. APA INTINYA NONTON TIPI 3 DIMENSI? Pada saat itu pake gak pake nampak sami mawon! EMANG DONATNYA JADI GEDEAN GITU? Kagaaakk… hahahahaha..😀

    @ aNies : masamasa kegelapan yang pernah berjaya ya Nies.. HAKAHKAHKA..

    @ YouKnowWho : NAH KAAAAAAAAAN… Gw suka nih kalo ada yang nyambung tentang Noktah Merah Perkawinan. Eh, San, dapet salam dari Bagas dan Ayu.. hihihhihihi..

    @ mels : BWAKHAKAHKAHKAHKAK.. LUNTUR?!?!?!?! Aduh off bangetttt.. HAKAHKAHKA.. coba skarang dicoba lagi, Me! Kan udah ada SASHA… cet rambut gocengan andalan Agnes Monica itu! HIHIAHIAHIA..

    @ stey : embyeeeerr… Tersanjung itu adalah sinetron yang menginspirasi sinetron lain bahwa klo ada pemain yang dah bosen dan males kelamaan main, cara ngegantiinnya gampil.. tinggal operasi plastik, maka… VOILA! Jadilah Reynold Surbakti berubah wujud menjadi Adam Jordan! HAIAHIAHIAHIAHIA… terima kasih yaaa, dah mampir😀

  6. non…inti dari pada kacamata 3D itu adalah gbr di tv nampak kluar dr tvnya…bukan bikin gede…hhhhhhhhh…kebanyakan gulali merah ijo..
    yang ada malah bikin muka nyokap gw jadi biru & merah hwehehehe😛

    anw masih ada COKI-COKI gw inget bgt karena dulu yg bintang iklannya pernah kesengsem padakuw ^_^….uuuwwhhh

  7. KAMBINGNYAAAA MAKSUD LO!?!??! HAIAHIAHIAHIAIAHIAHIAHAHIA…

    parah lo. kronisssssss.. ampe lemes gw. HEIHAKHAKHKA.

    aduh aduh mas Brian ini lucuuuuu skali. Aku sampe terharu punya temen seperti kamu…😀 Hihihihi…

  8. kalau dari namanya, kayaknya si brian itu orangnya oke ya. jadi pengen kenalan.

    ehm.. ehm.. mbak smita, anda melupakan satu hal, yaitu… sinetron TERSAYANG, yang mana sukses berat dalam menciptakan tren (?) memakai topi warna pink dan biru, bergambar bunga mawar.

    backsound: “Ku tersanjuuuungggg.. Ku jatuuuuhh cintaaaaaa”.

    (eh bok, dulu gue beli kasetnya paramitha rusady, masak?! bwahahahaha…)

  9. ADUUUHHH.. ADUUUUUUUUUHH… *ketawa sampe melintir*

    TERSAYANG itu ENGGAK BANGET!!! DAN MEL, Lo inget gak sih, di kampus Sudirman tercinta itu PERNAH ADA yang PAKE TOPI ITU! Ealaaaaah….

    Oh, gw tau lagu Paramitha Rusady yang lo maksud.. “Bila esok ku masih di sini, karena hari ini aku menunggumu…” yang butabuta itu kan bokk! Gokil. Dulu gw ngikutin. HAKAHKAHKAHKAHKHKA.😀

    mas brian itu??? gw sarankan JANGAN. setengah manusia, setengah sendal jepit.. HAKAHKAHAHAKHHKA.. *lupa keharusan promosiin temannya* enggak deng, mas brian itu berhati luhur kok..

  10. saya ko lupa ya tersayang itu yg mana…saya ingetnya mas deri, ginanjar, mas komar sama juminten si tukang jamuuu….laaa lililili lalaaaaa….

    astaga kasian mas brian…sodaraan sama swalow
    mas brian itu cukup yahud loh utk seorang pria yg hidup di kota metropolitan ini…mapan, manis *slurp*, manja, sering muncul di tabloid2 REMAJA masa kini dgn senyum simpulnyaa ..paling sukaaaaaa

  11. astaga,kalo lahir 87 masuk kategori 90 gak ya🙂
    tapi bener,masa 90an itu top banget.
    anak mas,krip-krip tuh cemilan juara.
    ada lagi lo,sinetron “ANGIN TAK DAPAT MEMBACA” apa gitu lupa

    sali in bikin sata ngakak abis

  12. BOKKKKKKKKKKK. Gue baru baca sekarang aja dong ini post!!!! ASLI NGAKAK!!!!! Huahahhahahahahahahahahahahhahahahahahah. Tak ada kata lain selain: DODOLIPET DAH SEMUANYA!!!! hauhahahahahahhahaha…
    eh eh, jaman 90an bukannya era PAMA DOLIT JUGA YAH? hauhahahahahahahahahahhahahahahha… aduh. btw, gue dulu ini korban TERSAYANG LOH. dapet aja gitu dulu bajunya di TANAH ABANG. kubeli dan KUPAKAI. HYAHAHAHAHAHAHAHHAHAHAHA

  13. TEPPPPPPPPYY!!! Najis. Lo bikin gw ngakak di minggu pagi. ADA FOTONYA GAKS?!??! HAIHAIHAIHAIHAIAIIA… Aduh, pasti dulu sebelum ngidolain Rangga, situ ngidolain Dion deh. Huhauhauahaua!

  14. bangga gw sama lo tri… gw lagi terlintas nyari image “kutu loncat” , googling, lalu nemu ini di paling atas

    tua lo
    :p

    *lo warisin deh ke buah hati lo biar doi paham,betapa mudah “bahagia” kita , bahkan oleh abang ek ok ek ok sekalipun

  15. Bibit sinetron baru2 aje muncul, kaya ABAD 21, BELLA VISTA, NOKTAH MERAH PERKAWINAN, (inilah cikal bakal penghancur bangsa,,wekekekek)

    Jangan lupakan juga sinetron ANGIN TAK DAPAT MEMBACA.
    ini juga sering dipelesetin jadi Amir tak dapat membaca *eh*

  16. B u s t e d. Yg paling berkesan buat gue si orang2an kertas sampe undangan kawinan gue bentuknya orang2an gitu, baju pengantennya macem2. Great era t’was!

  17. tahun segitu saya masih SD,
    pengalaman gak terlupakan waktu kecil itu byk sih, beberapa yg masih inget itu waktu jamannya bikin mobil2an sendiri pake kayu bambu yg rodanya dibikin dari sendal jepit.
    sendal masih bagus juga udah dilingkarin terus dipotong jadi roda..hahaha…

    eh iya waktu dulu kan gak ada tuh yg namanya MP3, malahan boro2 ada hape yg bisa setel musik, telepon rumah aja jarang ada yg punya.
    jadi klo lagi waktu senggang dikelas tuh yg cewek2 pada doyan nyanyi (mangkanya sekarang banyak penyanyi yah..hehe), klo saya sih biasa request aja mau lagu apa, ntr mereka dgn senang hati pamer suaranya.
    eh bukan nyanyi aja loh malahan sampe di catet tuh lirik lagunya..cateeettt….
    jadi ada 1 buku sendiri yg isinya lirik2 lagu, klo request biasanya pilih lagu dari buku itu, jadi mirip kayak klo mau karaoke.

    terus waktu itu juga gak ada yg namanya internet jadi jangankan fesbuk, email aja mungkin baru kalangan tertentu yg pake.
    biasanya tuh klo mau naek2an atau perpisahan atau klo ada murid yg mau pindah sekolah disuruh isi buku daftar temen2nya, ntr dimasukkin kata2 mutiaralah, kata2 kenanganlah. terus ntr diwarna warniin pake stabillo atau spidol, lalu ditempel2 gambar2 lucu.. halah.. ada juga yg doyan sama foto2 artis, terutama artis2 mandarin tuh macem jimmy lin atau andy lau… buat dikoleksi atau di tempel2 dibuku tadi.
    tapi sih ini biasanya yg hobi para cewek2… klo cowok yg begini pasti deh itu banci..

    klo saya cowok biasanya suka maen gambaran, ditepokin klo yg gambarnya diatas itu menang.

    itu aja sih, sebenernya banyak tapi gak mungkin selesai 1 halaman nih klo diterusin.

    ===========
    eh iya sebenernya saya lagi nyari lagu jive/rock ‘n roll yg pernah dijadiin soundtrack iklan dunkin donuts waktu tahun 90an atau 2000an. gak tau google malah ngasih petunjuk kehalaman ini.

    • OMGGGGG gue dulu punya banyak banget buku isi CATETAN lirik lagu😆 Gila niat abis. Sekarang mah tinggal gugling.
      Gambaran juga gw dulu suka nontonin…
      Inget juga gak sih, main gimbot di abang2, gimbotnya ditaliin, trus abangnya: “yak, abis abis abis!”😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s