begobegoan · bukubuku · ingetinget

.cerita di balik nama.

Kalo lagi niat berat blogging gini kayanya segala topik aja kepikiran. Hehehe.. πŸ˜› Kemaren ini sempet ngomongin bukubuku jaman kita kecil.. Garagaranya apa yah, lupa saya.. Pokoknya kita lagi ngomongin orangorang bertajuk Rudy – dan kita lagi nge-list namanama selebritis yang memiliki nama Rudy.

Well, I know.. ini gak penting banget emang! Hehehehe.. πŸ˜›

Dia : Jadi, ada Rudy Wowor, Rudy Salam… terus siapa lagi sih?

Gw (karena saat itu gak kepikiran Rudy Hadisuwarno maupun Memasak Bersama Rudy Something itu) : Gak tau! RUDY BATUGOYAH, mungkin?!

Dan kita ngakak bersama

Ada gak yang tau Rudy Batugoyah? Hehehe. Nggak ada ya?

Rudy Batugoyah itu adalah tokoh utama dalam serial novel anakanak berjudul Drakula Cilik. Nah, si Rudy Batugoyah ini adalah seorang (?) drakula. Adapun, dia tuh digigit jadi drakula waktu dia masih kecil, sehingga sampe selamanya dia akan selalu ada dalam tubuh anak kecil.

Keluarga Batugoyah itu semuanya dah jadi drakula. Jadi, dari Pamannya, Bibinya, Bapak, Ibu, sampe kakak dan adiknya si Rudy itu semua dah jadi drakula. Selain Rudy, anggota keluarganya yang jadi drakula waktu mereka masih kecil adalah kakaknya dan adiknya. Kakaknya Rudy itu namanya Lumpy Batugoyah – disebut Lumpy karena dia tuh jadi drakulanya pas remaja, jadi masih jerawatan dan suaranya bakalan pecah selamalamanya. Hahahaha.. Sementara adiknya Rudy namanya Anna Batugoyah, dia belom tumbuh taring soalnya jadi drakulanya pas masih kecil banget – jadi giginya masih gigi susu semua.

Selain mereka, ada juga satu tokoh drakula yang mayan mengerikan. Namanya Bibi Doris. Bibi Doris ini digambarkan sebagai ‘drakula yang paling haus darah’. Dan karena reputasinya ini, gw inget jaman gw kecil setiap kebangun malemmalem pasti ketakutan bakalan didatengin ma si Bibi Doris ini..

Biar tambah seru, si Rudy Batugoyah ini dipertemukan dengan anak manusia yang akhirnya menjadi sahabatnya. Nama anak ini, menurut novel itu, adalah Anton SUKARUNGKACANG. Can you believe it? Anton ini, selain sahabatan sama Rudy, juga ditaksir sama Anna.

Untuk tokoh antagonis dalam serial ini, ada dua penjaga kuburan yang selalu berusaha membunuh para drakula dengan mematek mereka di jantungnya dan kemanamana selalu pergi dengan serenceng bawang putih. Mereka adalah Kus Endus dan Nasar Nyamar.

Sampe sini, stop dulu. Karena gw gak mau nyeritain semuanya. Karena yang menjadi inti permasalahan tak terjawab di kepala gw adalah :

Dari mana mereka bisa mendapatkan namanama konyol itu?

Rudy Batugoyah. Anton Sukarungkacang. Nasar Nyamar. Kus Endus.

Kalau yang dua terakhir sih, gw rada curiga itu adalah nama yang dibuat sendiri – maksudnya adaptasi dan mencari terjemahan yang lebih pas. Seperti Moaning Myrtle di Harry Potter, terjemahannya menjadi Myrtle Merana. Nasar Nyamar pasti juga sejenis itulah..

Tapi BATUGOYAH? SUKARUNGKACANG? Kirakira berasal dari apa ya bahasa Inggrisnya?

Gw kadangkadang kagum dengan orangorang yang menterjemahkan bacaan hiburan ke Bahasa Indonesia. Seperti Donal Bebek misalnya. Berapa kali kita nemuin namanama gak lazim tapi mampu bikin kita mikir, “Anjrot! Ancur bangettt!“?? Gw menemukan namanama tolol di Donal Bebek yang mampu membuat gw nyengirnyengir, seperti :

  1. Pokijan – untuk tetangga sebelahnya
  2. Arnold Suasanaseger – untuk bintang film laga terkenal
  3. Toem Band – untuk band yang lagi naik daun

dan itu hanya sedikiiiiiiiiiiiiit sekali contoh! Kreatif banget kann..! Huhuhuh.. jadi pengen kenalan sama orangorang di belakangnya.. πŸ˜›

Selain itu juga kadangkadang jadi inget bukubuku jaman dulu itu banyak yang lebih fun deh dari bukubuku jaman sekarang… Menghibur. Seperti STOP, Malory Towers, St. Clare, dsb.. Terus komiknya juga – kaya Nina, Petualangan Pak Janggut.. Sekarang mana ada?

Huhuhh.. jadi kangen ma bukubuku jaman dulu. Ada yang masih inget gak?
Dah ah. Ngantuk.

Advertisements

20 thoughts on “.cerita di balik nama.

  1. Ah, Rudy Batugoyah dari novel Der kleine Vampir. Aslinya bernama RΓΌdiger von Schlotterstein. Kalau Anton Sukarungkacang aslinya Anton Bohnsack. Nasar Nyamar = Geiermeier, Kus Endus = Schnuppermaul. Hehehe…

    Setahu saya memang hanya di Indonesia translasi nama sengaja “ngawur”. Awalnya adalah kebijakan dari Balai Pustaka tahun 40-an yang melarang penggunaan nama asing dalam karya fiksi karena alasan politis. Sejak itu, apalagi untuk buku anak-anak, nama-nama tokoh yang bernada asing diganti.

    Tapi justru itu yang bikin unik. Bahkan RenΓ© Goscinny, pencipta komik Asterix, pernah terang-terangan memuji komik Asterix versi Indonesia karena lebih lucu dari versi aslinya.

  2. @ Anies : EMBYEEEEEEEEEERR.. HWAKAKAKA.. gw juga menghabiskan setengah hari ini untuk mikir “siapakah nama tukang masak yang nampak selalu seperti orang habis mandi itu?” Dan, yak, kamu benar. Tapi kayanya spellingnya Choiruddin deh.. Hwakakaka.. Gak tau juga deng.. Yah, pokoknya itulah! πŸ˜›

    @ pip : NAH. Ini benerbener komen yang nambah pengetahuan banget.. Dan SANGAT berguna bagi saya yang suka tibatiba keinget halhal yang dah gak diinget ma orang lain! Sekarang Anton Sukarungkacang itu menjadi lebih make sense setelah melihat aslinya adalah Anton Bohnsack. Btw, jadi penasaran, situ pernah baca novel aslinya? Dulu gw lengkap nih, 2500 per novel. πŸ˜›

    Asterix versi Indonesia memang selalu lucuk sampe membuat kita nyari namanama yang aneh…

    Aaaah, gw jadi tambah kangen sama bacaanbacaan jaman dulu yang lebih POL dan tidak jaim dalam menghibur. Eniwey, Pip, terima kasih banyak dah mampir.. dan memberikan pencerahan atas pertanyaan yang dah berrrtahuntahun gak terjawab… πŸ˜€

  3. Aaahh.. jadi inget komik Asterix yg namanya selalu ajaib2 itu. Sumpah, baca namanya aja udah ngakak. Sama kayak lo, dulu juga mikir, siapa yg bikin nama-nama SUPER kreatif yg bikin ngakak abis itu.

  4. hihihi cowokus kemayus pabrikus kurupus hahaha …
    thankt ttg si rudi batu goyahnya yah gw kira cuman gw yg baca tuh buku hahaha

  5. @ atjep : hahahahahahaha… gw kira juga cuma gw tuh yang baca rudi batugoyah.. haihaihaihai.. tapi buku itu sebenernya keren banget loh.. mungkin masih bisa ditemukan di senen atau taman bacaan di pinggir kota.. hkhakahka.. πŸ™‚ thanks for coming.. πŸ™‚

  6. O iya vampir kecil juga ada filmnya The Little Vampire kalo ga salah taun 2001/2002 an, gw nonton vcd bajakannya dan ternyata itu salah satu film terbaik yg pernah gw tonton.. Sekarang nyari vcd atau dvdnya di disktarra juga gak dapet2 padahal di webnya (disktarra.com) katanya sih ada..

  7. @ voeu: halo ada yang bisa bantu voeu?? *gw juga mau dong.. πŸ˜‰ *

    @ Iqbal: ada milis pak Janggut? uhuhuhuhuhu.. mauuu… Iqbal, thanks dah mampir dan buat infonya juga makasih yaaaa…

  8. ahhh aku senang sekali sama drakula cilik ini…!
    kira kira masih ada yang jual nggak ya? buku nya udah ilang ntah kemana karna udah puluhan taun yang lalu punya nya… sigh

    1. @ adhe: kamu di Jakarta? barangkali di tokotoko buku tua masih ada kali ya? coba di Pasar Festival? atau di bekas Kwitang yang skarang di JaCC? tempattempat kaya gitu barangkali bisa nemu ‘harta karun’ seperti ini.. hehehe..

  9. Kebetulan saya fans berat Anton dan drakula cilik. Dulu saya punya banyak koleksi komiknya, tapi semuanya hilang saat pindah rumah.. hikz.. Sekarang kangen bgt nih,..
    kira2 ada yang tahu dimana yang jual komiknya ?

  10. Si Drakula Cilik, vol. #1
    Si Drakula Cilik Ngungsi, vol. #2
    Si Drakula Cilik Di Perjalanan, vol. #3
    Si Drakula Cilik Di Desa, vol. #4
    Si Drakula Cilik Jatuh Cinta, vol. #5
    Si Drakula Cilik Dalam Bahaya, vol. #6
    Si Drakula Cilik Di Lembah Keluh-Kesah, vol. #7
    Si Drakula Cilik Membaca, vol. #8
    Anton dan si Drakula Cilik – Pasien Misterius, vol. #9
    Anton dan si Drakula Cilik – Di Sarang Singa, vol. #10
    Anton dan si Drakula Cilik – Program yang Aneh, vol. #11
    Anton dan si Drakula Cilik – Kejutan Dahsyat, vol. #12

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s