.berkuliah di Fakultas Psikologi.

Standard
    File : Oct 26, 2006

Ada masanya di mana gw menyebut diri gw sebagai “BiduanitaBathroom” karena dalam keadaan sadar, gw nyaris tidak mungkin tidak nyanyinyanyi sambil beraktivitas di kamar mandi. Nah, berhubung lagu pilihan gw itu dipilih secara random, artinya yang kepikiran aja di kepala gw saat itu, maka tentu saja setiap gw mandi, lagu apa saja bisa berkumandang membahana dari kamar mandi gw (yang seringnya akan mengganggu aktivitas menonton tivi keluarga gw… hehehe..)

Eniwey, tadi pagi, kebetulan gw tibatiba kepikir lagunya /rif yang “Salah Jurusan“. Dan, satu hal yang gw suka banget dari lagu adalah dia bisa membawa kita kapan saja, di mana saja ke satu momen yang sudah lampau. Seperti lagu /rif ini misalnya, setiap kali gw denger dan/atau nyanyikan, dia selalu sukses membawa gw kembali ke kelas PAULI/CAT/CTAT, semester lima di F.Psi UAJ.

Waktu itu, kayanya kita dah selesai kelas Pauli di pertengahan semester, dan sedang memulai kelas CAT/CTAT (i don’t even remember the name accurately anymore. Anyone who does, please help me out here..). Waktu itu, si dosennya mulai menjelaskan apa yang harus dilakukan dalam CAT. Lanjutlah kita selama 4 jam kemudian diberi introduksi tentang mata kuliah itu, dan di akhir kuliah diberitahu bobot nilai untuk kelas CAT tersebut di mana kita juga mesti ambil subjek untuk in-take. Dan ketika kelas udah selesai, gw yang waktu itu duduk di samping Vicky dan Renty langsung nengok ke belakang ke arah Putra dan Dono sambil nyanyi, “O-o-o-o…, o-o-o-o… ku salah pilih jurusaaaann!”

Interupsi : Gw adalah tipe orang yang bisa inget berbagai macam hal untuk waktu yang lama, meskipun orang lain gak inget detailnya tapi gw bisa inget dan memunculkannya lagi di masa depan. Seringkali orang ybs akan tanya, “kok lo inget aja sih?” dan gw gak tau knapa. Nah, nampaknya ini adalah salah satunya.

Balik ke lagu dan situasi kelas yang baru gw ceritain tadi, gak bisa gw pungkiri bahwa menjadi mahasiswa (dan kelaknya sarjana) Psikologi merupakan satu hal yang incidental dalam hidup gw. Gw bilang gitu karena pada awalnya gw enggak pernah berpikir mo masuk situ, melainkan Sastra Inggris UI. Tapi karena gak diterima di sana dan diterima di sini, maka pada tahun 1999 resmilah gw menjadi PoppieS si pemegang SN no 1999-70-238.

Meskipun begitu, gw gak bisa bilang bahwa hal itu adalah hal yang gw sesali. Malahan, gw bisa bilang bahwa 4 tahun kuliah merupakan salah satu dari 4 tahun terbaik dalam hidup gw. Karena, di sini, gw menemukan orangorang hebat, temanteman baik yang hampir semuanya bisa ada sampai sekarang dan menjadi lebih dari sekedar temanteman masa lalu.

Mengingat masamasa berkuliah di Fakultas Psikologi itu berarti mengingat masamasa awal kuliah yang sempat teralienasi karena gw bukanlah orang yang gampang untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Untungnya, masa transisi itu enggak lama. Lewat masa transisi itu, mulailah masa work hard, party hard. Work hard karena kata ‘kerja kelompok’ bagi gw tuh adalah suatu yang menakutkan… Bukan karena gw gak suka kerja kelompok, tapi karena deadlines yang sangat ketat dan kita harus berhatihati memilih anggota kelompok karena saking ‘seru’nya, bisa aja lo berantem dengan temen baik lo sendiri. Ini pernah terjadi sama gw dan Danti waktu kerja kelompok Kontes, di mana kita bisa jutekjutekan lewat sms ataupun verbal karena masalah tugas kelompok. Jutekjutekan yang mungkin sebenernya merupakan hasil kumulatif dari enggak tidur bermalammalam karena tugas kelompok dari mata kuliah lain dengan kelompok yang berbeda lagi. Untungnya, ketika kita kuliah, kita udah mulai bisa mikir bahwa ada masalah personal dan ada yang profesional, jadinya setelah diomongin pelanpelan bisa teratasi. Meski begitu, ada juga lho orangorang yang jadi gak temenan karena masalah kerja kelompok doang… yang sebenernya, saat kita kuliah, itu sama sekali enggak sesimpel kata ‘doang’.

Tapi, the good thing (or the BEST thing) yang gw alami saat kuliah adalah kita menjadi satu keluarga. Semua akan ada di situ saat lo butuh mereka. Mungkin saking seringnya kita samasama; dari kerja kelompok bareng, nginep di rumah orang untuk belajar bareng sebelum ujian, jalan bareng, nongkrong di kampus bareng, begobegoan tanpa henti, sampe nginep satu tongkrongan di luar kota untuk tawatiwi.

Ketika lo putus cinta, misalnya. Satu hal yang cukup menakutkan adalah ketika satu tongkrongan mesti tau tentang itu, tapi di satu sisi, ketika mereka udah tau, lo akan merasa lo nggak sendirian. Dan, ketika lo kuliah di Psiko, nampaknya kemungkinan lo berbohong dengan bilang, “gak papa kok…” itu gak akan dipercaya begitu saja. We learn to understand ppl, for God sake, jadi walo lo bilang gitu tetep aja mereka tau lo gak beres dan akan menghibur lo walo lo gak minta. Gw bisa bilang gini karena gw mengalami sendiri hal itu. Dan, sampe saat ini, hiburan simpel berupa ‘bebas-request-lagu’ di suatu hari Sabtu pagi yang mendung setelah putus cinta, masih merupakan salah satu kado termanis dari seorang teman.

Dan semua itu masih terbawa sampe sekarang. Ketika hanya lewat sms singkat/chat di YM/imel aja mereka bisa ngeh kapan lo butuh katakata penguat diri. Ketika sekedar sms singkat/chat di YM/imel aja dari mereka yang dah tersebar di sana sini bisa menaikkan mood lo. Dan meyakinkan elo, bahwa mungkin lo nggak sendirian…

Bukankah hebat ketika sebuah lagu yang dinyanyikan di kamar mandi sekalipun bisa membawa gw ke tengahtengah kantin penuh tawa dengan ‘ketombe kuning’ berguguran dari pohon? Bisa membawa ke kelas CAT/CTAT, dan kemudian ke permainan tebak-visualisasi-peribahasa, lalu ke atas kapal yang konon akan disetir Sandhy sampe ke Taiwan? Bisa berteriakteriak mendukung Tim Voli/Basket, bisa nonton teater malemmalem, dan mengingatkan pada segala macam yang menyenangkan dan mengesalkan lainnya??

Mungkin, rasanya saat itu memang salah jurusan, tapi… gw gak pernah merasa salah membuat pilihan untuk tetap berada di dalamnya dan menikmati semuanya…

Leave a Reply

